Perancangan merchandhise band Indie Pitskankin sebagai media promosi event / Agus Dody Hermansyah

Hermansyah, Agus Dody (2017) Perancangan merchandhise band Indie Pitskankin sebagai media promosi event / Agus Dody Hermansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hermansyah, Agus Dody. 2017. Perancangan Merchandise Band Indie Pitskankin Sebagai Media Promosi Event. Skripsi. Program Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn (2) Dimas Rifqi Novica, S.Sn, M.Ds Kata Kunci : Perancangan, Merchandise, Media Promosi, Event, Band, Band Indie Pitskankin Musik bagi sebagian orang merupakan salah satu wadah untuk berkreatifitas. Musik juga dapat mempengaruhi seseorang misalnya dalam hal fashion dan life style. Tidak bisa dipungkiri lagi jaman sekarang semakin ketatnya persaingan terjadi dalam industri musik khususnya band indie dan mayor label. Band mayor label, yang notabene mendapat dukungan dalam hal finansial untuk semua aktifitasnya dalam band termasuk berpromosi. Sedangkan, untuk band indie banyak hal yang mereka harus hadapi yaitu bagaimana mereka bisa memenuhi kebutuhan finansial dan berpromosi agar band mereka bisa terus bersaing salah satunya adalah band indie Pitskankin. Perancangan merchandise band indie Pitskankin sebagai media promosi event ini memiliki fungsi sebagai media untuk mempromosikan band indie Pitskankin, selain itu juga dapat menjadi pemasukan finansial bagi band indie Pitskankin. Metode perancangan menggunakan metode prosedural yang dikemukakan oleh Sanyoto yang sesuai dengan perancangan ini. Diawali dengan menetapkan proses pra-produksi, lalu produksi dan terakhir adalah pasca produksi. Tahap pra-produksi meliputi penentuan ide, konsep, dan riset. Tahapan produksi meliputi pembuatan sketsa, outline, detailing, dan pewarnaan. Perancangan ini menghasilkan produk merchandise berupa buku visual album, kaos, tas totebag, pin, dan emblem. Dalam menghasilkan semua merchandise disesuaikan dengan karateristik musik genre Ska dan kebutuhan dari band indie Pitskankin itu sendiri. Hasil perancangan dapat disimpulkan bahwa, dalam pembuatan merchandise band indie Pitskankin sebagai media promosi event diperlukan observasi dan wawancara sebelum melakukan perancangan tersebut. Dari hasil perancangan tersebut diperlukan management waktu dalam prosesnya, agar tidak menggangu proses perancangan. Sehingga perancangan visual album band indie Pitskankin sebagai media promosi event ini bisa menghasilkan perancangan yang optimal. ABSTRACT Hermansyah, Agus Dody. 2017. ÔÇ£The Design merchandise of Pitskankin Indie Band as Event PromotionÔÇØ. Thesis. Studies, Visual Communication Design Department, Art and Design, Faculty of Letters. State University of Malang. Advisors: (1) Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn (2) Dimas Rifqi Novica, S.Sn, M.Ds Keywords: Design, Merchandise, Promotion Media, Event, Band, Indie Band Pitskankin Music for some people is a place for creativity. Music also can affect a person in terms of fashion and life style nowadays. It is undeniable the more intense competition takes place in the music industry, especially indie bands and major labels. In fact that the major label is a band which have support in financial terms for all activities in the band including promotions. As an indie bands, they have many problems to face there are, how they can face the financial needs and get promote by them self. So, their band can continue to compete. The one of them is indie band Pitskankin. The design merchandising of indie band Pitskankin as an event promotional media has a function that is as a media to promote indie band Pitskankin, it also can be a financial income for indie band Pitskankin. The design method using procedural methods who is proposed by Sanyoto in accordance with this design, begins by setting the pre-production process , production and finally post-production. Pre-production stage includes the determination of ideas, concepts, and research. Stages production includes making a sketch, outline, detailing, and color. This design produces merchandise products such as visual album books, T-shirts, totebag, pins, and emblems. In producing all the merchandises appropiate with ska music genre characteristic and the necessary of Pitskankin indie band it self. It can conclude, that the process of making a merchandise of indie band Pitskankin as a event media promotion needs observation and interview before do this design. The design results, required time management in the process. So, it was not interfere with the design process. So that, the visual design of indie band Pitskankin album as an event media promotion it can produce optimal design.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14558

Actions (login required)

View Item View Item