Perancangan media interaktif dalam bentuk game 2D tentang kronologi perang Pattimura sebagai salah satu cara untuk mengenang kembali sejarah perjuangan pahlawan nasional / Satrya Budi Novianto

Novianto, Satrya Budi (2017) Perancangan media interaktif dalam bentuk game 2D tentang kronologi perang Pattimura sebagai salah satu cara untuk mengenang kembali sejarah perjuangan pahlawan nasional / Satrya Budi Novianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novianto, Satrya Budi, 2017. Perancangan Media Interaktif Dalam Bentuk Game 2d Tentang Kronologi Perang Pattimura Sebagai Salah Satu Cara Untuk Mengenang Kembali Sejarah Perjuangan Pahlawan Nasional. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang: (I) Dr. Hariyanto, M.Hum (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T Kata Kunci: Pattimura, Media interaktif, Game 2D, Construct2 Pattimura adalah seorang pahlawan nasional yang berjuang melawan penjajah Belanda di Saparua, Maluku pada tahun 1817. Perang Kapitan Pattimura tidak hanya menjadi sebuah sejarah, melainkan informasinya dimuat kedalam materi proses belajar mengajar di sekolah, namun materi yang dimuat tidak diiringi dengan berkembangnya teknologi yang sudah ada, sehingga masyarakat maupun peserta didik tidak begitu tertarik untuk mempelajarinya. Perancangan media interaktif dalam bentuk game tentang kronologi perang pattimura ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk menunjng pengetahuan umum kepada masyarakat dengan menyesuaikan perkembangan teknologi pada saat ini. Proses perancangan media interaktif berbentuk game ini melalui 3 tahapan perancangan. Yang pertama yaitu pra produksi, yang berisi pengumpulan data, analisis data, konsep desain game, diagram alir, dan sinposis. Yang kedua adalah produksi, yang berisi asset game, desain interface, programing, dan audio. dan yang ketiga adalah pasca produksi yang berisi eksport data, dan uji coba perancangan. Sedangkan model perancangan yang digunakan adalah model prosedural yang bersifat deskriptif, yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Perancangan ini menghasilkan sebuah game interaktif berbasis PC dengan judul ÔÇ£KAPITAN PATTIMURAÔÇØ dengan kapasitas 240 Megabyte. Selain game, juga menghasilkan beberapa media pendukung lainnya seperti video, buku informasi, stand banner, stiker yang dapat digunakan sebagai penunjang proses promosi. ABSTRACT Novianto, Satrya Budi, 2017. Interactive Media design in the form of a 2d Game About War Chronology Pattimura as one way to commemorate the history of the struggle of the national hero. Thesis,Department of Art and Design, Faculty of Letters, State University of Malang:(I) Dr. Hariyanto, M.Hum (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T Keywords: Pattimura, Media Interactive , Game 2D , Construct2 Pattimura was a national hero who fought against the Dutch colonists in Saparua, Maluku in 1817. Capitals Pattimura's war not only became a history, but the information contained in teaching and learning materials in schools, but the material contained not accompanied by the development of existing technology , So that the community and learners are not so interested to learn it. The design of interactive media in the form of games about pattimura war chronology is expected to be a solution to menunjng general knowledge to the community by adjusting technological developments at this time. The process of interactive media design shaped this game through 3 stages of design. The first is pre-production, which contains data collection, data analysis, game design concepts, flow charts, and synapses. The second is production, which contains game assets, interface design, programing, and audio. And the third is post production containing export data, and designing trials. While the design model used is a descriptive procedural model, which outlines the steps that must be followed to produce the product This design produces an interactive PC-based game titled "KAPITAN PATTIMURA" with a capacity of 240 Megabytes. In addition to games, also produce some other supporting media such as videos, information books, banner stands, stickers that can be used as a supporter of the promotion process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14556

Actions (login required)

View Item View Item