Perancangan visual identity CV. Polita Nusantara sebagai peluang untuk meningkatkan citra perusahaan / Kurniawan Hendra Dwi Syahputra

Syahputra, Kurniawan Hendra Dwi (2017) Perancangan visual identity CV. Polita Nusantara sebagai peluang untuk meningkatkan citra perusahaan / Kurniawan Hendra Dwi Syahputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syahputra, Kurniawan Hendra Dwi. 2017. Perancangan Visual Identity CV. Polita Nusantara Sebagai Peluang Untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs, Sugiyono Ardjaka, M.Sc., Ph.D., (II) Andika Agung Sutrisno, S.Sn., M.Sn. Kata Kunci: Perancangan, Visual Identity CV. Polita Nusantara adalah perusahaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner yang berasal dari Kabupaten Lamongan. Belum adanya visual identity yang dapat mewakili sepenuhnya visi, dan misi untuk membentuk citra perusahaan sangat berpengaruh dalam persaingan. Persaingan yang ketat pada UMKM bidang kuliner di Indonesia menuntut perusahaan memiliki visual identity yang mampu mengkomunikasikan, mempengaruhi segi psikologis yang dapat menanamkan citra positif dan mampu mengenalkan perusahaan kepada konsumen serta calon konsumen, oleh karena itu, penulis ingin merancang visual identity yang dapat mewakili sepenuhnya visi dan misi perusahaan sebagai salah satu peluang untuk meningkatkan citra perusahaan, selain itu, visual identity CV, Polita Nusantara akan dibuat dengan bermuatan makna yang mewakili kepribadian CV. Polita Nusantara yang akan dikemas semenarik mungkin agar dapat menarik konsumen lebih banyak lagi, sekaligus bertujuan agar menjadi pembeda antaa CV. Polita Nusantara dengan perusahaan yang lain. Perancangan visual identity CV. Polita Nusantara ini menggunakan model perancangan prosedural, yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif dimana menggariskan langkah - langkah yang harus diikuti dalam menghasilkan sebuah produk, kemudian menggunakan prosedur perancangan yang dikemukakan oleh Alina Wheeler yang telah disesuaikan. Proses perancangan ini menggunakan proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan mendokumentasikan, yang dilanjutkan dengan analisis data. Penyerapan dari analisis data yang nantinya akan menghasilkan sintesis, mengemukakan apa saja kekurangan perusahaan dan apa saja kebutuhan visual identity perusahaan sehingga nantinya dapat menarik target audience serta tidak kalah dengan kompetitor perusahaan. Perancangan yang sudah dibuat menghasilkan visual identity baru berupa logo yang bentuk dan warnanya mewakili kepribadian CV Polita Nusantara. Logo ini di aplikasikan pada berbagai media seperti stationary set, uniform, presentation, vehicle, poster, serta merchandises yang dibukukan dan diatur pengaplikasianya dalam Visual Identity Guideline Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat menjadi peluang untuk meningkatnya citra perusahaan serta sebagai acuan dalam proses perancangan visual identity baik bagi mahasiswa, desainer grafis, pengajar, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item View Item