Pengenalan Nasi Boran melalui komik strip digital / Gilbrania Affa

Affa, Gilbrania (2017) Pengenalan Nasi Boran melalui komik strip digital / Gilbrania Affa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Affa, Gilbrania. 2017. Pengenalan Nasi Boran Melalui Komik Strip Digital. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyanto, M.Hum., (II) Yon Ade Lose Hermanto, S.Sn., M.Sn. Kata Kunci: Komik, Strip, Digital, Nasi Boran, Lamongan Pemasaran pariwisata dilakukan untuk memberikan informasi dan mengenalkan destinasi pariwisata kepada wisatawan sehingga dapat menstimulasi interaksi sosial di segala bidang khususnya sosial dan budaya. Makanan atau kuliner merupakan bagian dari kepariwisataan dikarenakan makanan merupakan bagian dari (1) budaya lokal, (2) daya tarik wisata, (3) produk kepariwisataan, dan (4) pengalaman berwisata. Pengembangan makanan atau kuliner merupakan bagian dari kebudayaan lokal yang bertujuan untuk mempromosikan wilayah lokal dan mengenalkan kesan wisata kepada pihak luar (Lee et al, 2015). Pengenalan kuliner dapat dilakukan melalui media promosi digital dan cetak. Nasi Boran merupakan makanan khas Kabupaten Lamongan yang kurang dikenal masyarakat luar. Pengenalan Nasi Boran selama ini dirasa belum efektif dan efisien, sehingga diperlukan pengenalan melalui media promosi yang lebih baik. Pengembangan teknologi dan komunikasi menjadikan komik digital sebagai strategi media promosi pariwisata makanan atau kuliner kepada masyarakat yang dapat dinikmati dimana saja dan kapan saja. Adapun tujuan perancangan komik ini adalah (a) merancang desain karakter yang berasal dari Nasi Boran, (b) pembuatan komik strip digital Nasi Boran, (c) merancang media promosi komik strip. Berdasarkan jenis datanya, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pola perancangan yang digunakan berdasarkan pola perancangan oleh M.S Gumelar Comic Making yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Data perancangan diperoleh dari observasi dan analisis, wawancara, dokumen dan studi pustaka. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis taksonomi. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibiliti yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menghasilkan output diantaranya (a) enam desain karakter meliputi Bor sebagai sambal boran kuning, Ran sebagai sambal boran merah, Wingko sebagai wingko, Soyala sebagai Soto Lamongan , Taucam sebagai tahu campur, dan PL sebagai pecel lele, (b) Komik Boran berisi 18 episode yang menjelaskan fakta terkait Nasi Boran, (c) media promosi Komik Boran meliputi kipas, wadah minum dan makan, hand sanitizer, wallpaper handphone, stiker line, tisu, poster dan kaos. ABSTRACT Affa, Gilbrania. 2017. Nasi Boran Introduction through Digital Strip Comic. Undergraduate Thesis, Department of Art and Design, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang. Advisor: (I) Dr. Hariyanto, M.Hum., (II) Yon Ade Lose Hermanto, S.Sn., M.Sn. Keywords: Comic, Strip, Digital, Nasi Boran, Lamongan Tourism marketing is done to provide information and introduce tourist destinations to tourists as to stimulate social interaction in all areas, especially social and culture. Food or culinary is part of tourism because food is part of (1) local culture, (2) tourist attraction, (3) tourism products, and (4) travel experience. Food or culinary development is part of local culture that aims to promote local region and introduce the impression of tourism to outsiders (Lee et al, 2015). Culinary introduction can be done through digital and print media promotion. Nasi Boran is typical food of Lamongan regency that is not well known to the outside inhabitant of Lamongan. The introduction of Nasi Boran has been considered to be ineffective and efficient, so it is necessary to introduce it through better promotional media. The development of technology and communication makes digital comic as food or culinary tourism promotional strategy media to large audience that can be enjoyed anywhere and anytime. The purpose of this comic design are (a) designing character designs from Nasi Boran, (b) making digital strip comic Nasi Boran, (c) designing comic strip promotional media. Based on the data type, this research is a qualitative research with design method that is used based on M.S Gumelar Comic Making method which has been modified as needed. Design data is obtained from observation and analysis, interview, document and literature study. The type of data used is primary and secondary data. Analytical technique used is the technique of taxonomic analysis. Checking the validity of data uses a credibility test consisting of source triangulation, technique, and time. This research result some output, which are (a) six character designs including Bor as yellow Boran sauce, Ran as red Boran sauce, Wingko as Wingko, Soyala as Soto Ayam Lamongan, Taucam as Tahu Campur, and PL as Pecel Lele, (b) Komik Boran contains 18 episodes that explain some facts related to Nasi Boran, (c) Komik Boran promotional media includes fan, drink and food container, hand sanitizer, mobile wallpaper, sticker line, tissue, poster and T-shirt.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14553

Actions (login required)

View Item View Item