Chusna, Nurisma Amalia (2019) Pengaruh pembelajaran passing bawah modifikasi bola terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Srengat Kabupaten Blitar / Nurisma Amalia Chusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Chusna Nurisma Amalia. 2019. Pengaruh Pembelajaran Passing Bawah Modifikasi Bola terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. Kata Kunci pembelajaran modifikasi passing Bawah Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan terhadap passing bawah bolavoli diperoleh kemampuan keterampilan passing bawah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Srengat kurang baik dengan persentase sebesar 59 37%. Sehingga keterampilan peserta didik masih di bawah rata-rata KKM kurang dari nilai 75. Oleh karena pencapaian masih di bawah rata-rata sehingga dilakukan pemberian pembelajaran yang terkait dengan keterampilan passing bawah. Peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Pembelajaran Passing Bawah Modifikasi Bola terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Srengat Kabupaten Blitar . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh pembelajaran passing bawah menggunakan bola karet dan menggunakan bola voli dan mengkaji mana yang lebih baik diantara pembelajaran passing bawah menggunakan bola karet dan menggunakan bola voli terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah peserta didik kelas VII SMPN 3 Srengat Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimental bentuk Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian peserta didik kelas VII B dan VII D berjumlah 36 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan dengan teknik systematic purposive proportional random sampling dengan porsi 10% dari 36 peserta didik sehingga sampel yang digunakan berjumlah 32 peserta didik. Pembagian kelompok menggunakan teknik ordinal pairing matching yang masing-masing kelompok berjumlah 16 peserta didik yaitu kelompok pembelajaran passing bawah menggunakan bola karet dan pembelajaran menggunakan bola voli. Pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran bentuk tes yaitu keterampilan passing bawah teknik eksperimen dan teknik observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis varian satu jalur jika Fhitung Ftabel 945 0 05 dilakukan uji lanjut menggunakan uji LSD. Hasil analisis data keterampilan passing bawah masing-masing kelompok diperoleh koefisien Fhitung 4 5037 Ftabel 945 0 05 4 1709 hasil analisis uji lanjut teknik least significance difference (LSD) diperoleh hasil 8722 0 6875 LSD 945 0 05 0 5498. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran passing bawah menggunakan bola karet dan pembelajaran menggunakan bola voli terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan passing bawah bolavoli. Pembelajaran passing bawah menggunakan bola karet lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan bola voli.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/145529 |
Actions (login required)
View Item |