Analisis visual karakter tipe Tachi dalam game online Touken Rambu / Enggar Setya Pratiwi

Pratiwi, Enggar Setya (2017) Analisis visual karakter tipe Tachi dalam game online Touken Rambu / Enggar Setya Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Enggar. 2016. Analisis Visual Karakter Tipe Tachi dalam Game Online Touken Ranbu. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sumarwahyudi, Drs. M. Sn. (2) Joko Samodra, S. Kom. Kata Kunci: semiotika, karakter. Karakter merupakan individu dalam cerita yang berfungsi sebagai penghubung antara cerita dan audience. Karakter memiliki kepribadian dan peran dalam sebuah cerita. Pada bidang yang membutuhkan aspek visual, penampilan karakter merupakan hal yang penting karena dapat memberitahukan latar belakang dari karakter tersebut. Touken Ranbu merupakan game online asal Jepang yang menganalogikan pedang terkenal dalam sejarah Jepang menjadi karakter laki-laki dengan desain dan kepribadian yang beragam, sehingga menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini difokuskan pada karakter tipe tachi karena memiliki variasi desain yang lebih luas. Karakter tachi ini kemudian digolongkan menjadi tiga kategori berdasarkan jenis pakaiannya, yakni: tradisional, campuran tradisional dan modern, serta modern. Dari keseluruhan karakter tipe tachi, dipilih Mikazuki Munechika untuk tipe tradisional, Hizamaru untuk tipe campuran tradisional dan modern, serta Shokudaikiri Mitsutada untuk tipe modern. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tanda dan mendefinisikan makna yang terdapat dalam visual karakter dalam game Touken Ranbu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika visual Roland Barthes. Karakter tersebut dipisah berdasarkan leksia lalu dianalisis makna konotatif, denotatif dan mitosnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini merupakan analisa dari visual karakter tipe tachi dalam game Touken Ranbu berdasarkan penampilan fisik, pakaian serta pose dari karakter tersebut. ABSTRACT Pratiwi, Enggar. 2016. Analysis to the Visual Character of Tachi Type in Touken Ranbu Online Game. Mini Thesis, Department of Art and Design, Faculty of Letter, State University of Malang. Supervisors: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn., (II) Joko Samodra, S.Kom. Keywords: semiotic, character Character is an individual in a story serves as medium between the story and audience. Character has personality and role in a story. In the field that needs visual aspect, character appearance is an important ting due to it can tell the characterÔÇÖs background. Touken Ranbu is an online game from Japan which analogizes famous sword in Japanese history to be man character with various designs and personality, thus it deserves to be studied further. This research focused to the tachi type character due to this type has wider range of design variation. These tachi characters then grouped into three categories based on its cloth type: traditional, mix of traditional and modern, and modern. From all tachi type characters, this research selected Mikazuki Munechika traditional type, Hizamaru for mix of traditional and modern type; and Shokudaikiri Mitsutada for modern type. The purpose of this research was to describe marks and define meaning in visual character of Touken Ranbu game. Theory that used in this research was visual semiotic theory by Roland Barthes. Those characters were separated based on lexia then analyzed its connotative, denotative, myth meaning. Research method that used was descriptive research method. This research result was analysis of visual character of tachi type in Touken Ranbu game based on physical appearance, clothes, and pose of those characters. KATA PENGANTAR Puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia yang diberikan sehingga penelitian ini dapat terselesaikan dengan baik sesuai degnan waktu yang direncanakan. Skripsi yang berjudul ÔÇ£Analisis Visual Karakter Tipe Tachi dalam Game Online Touken RanbuÔÇØ ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana strata satu (S1) Desain Komunikasi Visual, jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Terselesaikannya skripsi ini tentunya tak lepas dari dorongan dan uluran tangan berbagai pihak. Untuk itu, atas segala bantuannya penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada: 1.Prof. Utami Widiati, M.A, Ph.D., selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, yang telah mengesahkan skripsi. 2. Dr. Hariyanto, M.Hum selaku Ketua Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang yang telah membantu kelancaran proses pengurusan skripsi. 3.Drs. Sumarwahyudi, M.Sn dan Joko Samodra, S. Kom, sebagai dosen pembimbing skripsi yang telah banyak memberikan bimbingan dan saran-saran kepada penulis sejak awal penelitian sampai dengan selesainya penulisan skripsi. 4.Dosen pengajar Desain Komunikasi Visual di Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. 5.Ayahanda Eko Susilo dan Ibunda Yulis Ardiningsih yang telah banyak memberi dukungan moril maupun materi sehingga penyusunan skripsi dapat terlaksana dengan baik. 6.Kakek Sokib dan Nenek Lilik beserta Paman Johan, Paman Dodik dan Tante Rini yang selalu memberikan support selama penyusunan skripsi ini. 7.Anggota Teram 20, Newvelyna Yerita Pakpahan, Ni Made Willa Clarissa, Esti Raftiarin dan Dina Syafina Pohan. 8.Noctis, yang telah memotivasi dan memberikan saya dorongan untuk menyelesaikan skripsi ini. 9.Rekan-rekan mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang yang selalu memberikan semangat kepada penulis. Malang, 30 Juli 2017 Penulis DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK i ABSTRACT ii KATA PENGANTAR iii DAFTAR ISI v DAFTAR GAMBAR viii DAFTAR TABEL xii BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Masalah 1 B.Rumusan Penelitian 4 C.Tujuan Penelitian 4 DBatasan dan Ruang Lingkup Penelitia 5 E.Manfaat Penelitia 5 F.Definisi Operasional 6 BAB II KAJIAN PUSTAKA A Desain Visual Karakter 8 1.Definisi Karakter 8 2.Desain Visual Karakter dalam Video Game 8 B.Game Online 10 C.Touken Ranbu 11 1.Touken Ranbu 11 2.Karakter Touken Ranbu 12 3.Adaptasi Touken Ranbu 15 C. Semiotika 21 1.Pengertian Semiotika Secara Umum 21 2.Tokoh-tokoh Semiotika 22 3.Teori Semiotika Menurut Roland Barthes 25 BAB III METODE PENELITIAN A.Pendekatan dan Jenis Penelitian 30 B.Sumber Data 30 C.Jenis Data 31 D.Subjek Penelitian 32 E.Metode Pengumpulan Data 32 F.Analisis Data 33 BAB IV TEMUAN PENELITIAN DAN ANALISIS DATA A.Paparan Data 34 1.Profil Perusahaan 34 2 Touken Ranbu 35 3.Teori Warna Jepang 35 B.Teori Semiotika Roland Barthes 39 C.Objek Penelitian 40 1.Karakter Mikazuki Munechika 40 2.Karakter Hizamaru 42 3.Karakter Shokudaikiri Mitsutada 43 D.Analisis Data 44 1.Karakter Mikazuki Munechika 44 2Karakter Hizamaru 46 3.Karakter Shokudaikiri Mitsutada 48 BAB V PEMBAHASAN A.Karakter Mikazuki Munechika 51 1 Penampilan Fisik 51 2.Pakaian dan Aksesori 53 3.Warna 67 4.Pose 69 B.Karakter Hizamaru 71 1 Penampilan Fisik 71 2.Pakaian dan Aksesori 73 3.Warna 85 4.Pose 87 C.Karakter Shokudaikiri Mitsutada 89 1.Penampilan Fisik 89 2.Pakaian dan Aksesori 92 3.Warna 101 4.Pose 103 E.Analisis Makna Denotasi, Konotasi dan Mitos 105 1.Karakter Mikazuki Munechika 105 2 Karakter Hizamaru 110 3.Karakter Shokudaikiri Mitsutada 114 BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN A.Kesimpulan 118 B.Saran 119 DAFTAR PUSTAKA 120 DAFTAR GAMBAR Halaman Gambar 2.1 Tantou 12 Gambar 2.2 Wakizashi 13 Gambar 2. 3Tachi 13 Gambar 2. Uchigatana 14 Gambar 2. 5Oodachi 14 Gambar 2.6 Yari 15 Gambar 2.7 Naginata 15 Gambar 2.8 Peta tanda Roland Barthes 26 Gambar 4.1 Warna Kinjiki 36 Gambar 4. Peta tanda Roland Barthes 39 Gambar 4 3 Mikazuki Munechika 40 Gambar 4.4 Hizamaru 42 Gambar 4.5Shokudaikiri Mitsutada 43 Gambar 5.Perbandingan Bentuk Wajah Mikazuki Munechika dengan Wajah Diamond 51 Gambar 5.2 Perbandingan Bentuk Mata Mikazuki Munechika dengan Wajah Uptuned 52 Gambar 5.3 Rambut Mikazuki Munechika 52 Gambar 5.4 Perbandingan Bentuk Badan Mikazuki Munechika dengan Badan Rhomboit 53 Gambar 5.5Pakaian Mikazuki Munechika dan set Kariginu 54 Gambar 5.6 Kariginu 54 Gambar 5.7 Corak pada Kariginu Mikazuki Munechika dan Corak Sayagata 55 Gambar 5.8 Lambang Karakter Mikazuki Munechika 56 Gambar 5.9 Kamon 56 Gambar 5.10 Kelengkapan Kariginu 57 Gambar 5.11 Detail Pakaian Mikazuki Munechika 57 Gambar 5.12 Kosode 58 Gambar 5.13 Hitoe 58 Gambar 5.14 Hakama 59 Gambar 5.15 Nodowa Mikazuki Munechika dan Nodowa Sesungguhnya 0 Gambar 5.1 6Haidate Mikazuki Munechika dan Haidate Sesungguhnya 60 Gambar 5.17 Detil Lapisan Pelindung Mikazuki Munechika 61 Gambar 5.18 Dekorasi Rambut Mikazuki Munechika 61 Gambar 5.19 Pelindung Leher Mikazuki Munechika 62 Gambar 5.2Ikat Pinggang Mikazuki Munechika 63 Gambar 5.21Alas Kaki Mikazuki Munechika dan Waraji 63 Gambar 5.22Tabi 64 Gambar 5.23 Pedang Asli dan Pedang Dalam Desain Mikazuki Munechika 64 Gambar 5.24 Pedang Mikazuki Munechika 65 Gambar 5.25 Ashikaga Yoshiteru 66 Gambar 5.26 Warna Dalam Mikazuki Munechika 67 Gambar 5.27 Warna Kinjiki 68 Gambar 5.28 Pose Default Mikazuki Munechika 69 Gambar 5.29 Pose Attack Mikazuki Munechika 70 Gambar 5.30 Pose Awakening Mikazuki Munechika 70 Gambar 5.31 Perbandingan Bentuk Wajah Hizamaru dengan Wajah Diamond 71 Gambar 5.32 Perbandingan Bentuk Mata Hizamaru dengan Mata Round 72 Gambar 5.33 Rambut Hizamaru 72 Gambar 5.34 Perbandingan Bentuk Badan Hizamaru dengan Wajah Rhomboit 73 Gambar 5.35 Pakaian Angkatan Laut Inggris 74 Gambar 5.36 Celana Hizamaru 75 Gambar 5.37 Hakama 75 Gambar 5.38 Pelindung Kaki Hizamaru dan Tateage 76 Gambar 5.39 Kote yang Digunakan oleh Hizamaru 76 Gambar 5.40 Sarung Tangan Hizamaru 77 Gambar 5.41 Aksesori Hizamaru 78 Gambar 5.42 Kamon Hizamaru 78 Gambar 5.43 Kamon 79 Gambar 5.44 Ikat Pinggang Hizamaru 79 Gambar 5.45 Sepatu Hizamaru 80 Gambar 5.46 Boot Kuno 80 Gambar 5.47 Sepatu Hizamaru 81 Gambar 5.48 Loafer 81 Gambar 5.49 Senjata Hizamaru dan Pedang Hizamaru 82 Gambar 5.50 Penamaan Makuragami dan Sunnashi 84 Gambar 5.51 Warna dalam Hizamaru 86 Gambar 5.52 Pose Default Hizamaru 87 Gambar 5.53 Pose Attack Hizamaru 88 Gambar 5.54 Pose Awakening Hizamaru 88 Gambar 5.55 Perbandingan Wajah Shokudaikiri Mitsutada dengan Wajah Diamond 89 Gambar 5.56 Perbandingan Mata Shokudaikiri Mitsutada dengan Mata Uptuned 90 Gambar 5.57 Gaya Rambut Shokudaikiri Mitsutada 90 Gambar 5.58 Perbandingan Badan Shokudaikiri Mitsutada dengan Tipe Badan Rhomboit 91 Gambar 5.59 Detail Pakaian Shokudaikiri Mitsutada 92 Gambar 5.60 Sode Shokudaikiri Mitsutada dan Sode Sesungguhnya 94 Gambar 5.61 Haidate Shokudaikiri Mitsutada dan Haidate Sesungguhnya 94 Gambar 5.62 Penutup Mata Shokudaikiri Mitsutada 95 Gambar 5.63 Date Masamune 96 Gambar 5.64 Sarung Tangan Shokudaikiri Mitsutada 96 Gambar 5.65 Kamon Shokudaikiri Mitsutada 97 Gambar 5.66 Kamon 98 Gambar 5.67 Sepatu Shokudaikiri Mitsutada 98 Gambar 5.68 Loafer 99 Gambar 5.69 Senjata Shokudaikiri Mitsutada dan Pedang ÔÇ£Shokudaikiri MitsutadaÔÇØ 100 Gambar 5.70 Shokudaikiri Mitsutada 100 Gambar 5.71 Warna Dalam Shokudaikiri Mitsutada 101 Gambar 5.72 Pose Default Shokudaikiri Mitsutada 103 Gambar 5.73 Pose Attack Shokudaikiri Mitsutada 104 Gambar 5.74 Pose Awakening Shokudaikiri Mitsutada 105 DAFTAR TABEL Halaman Tabel 4.1 Teori Warna Jepang Tabel 4.2 Analisis Data Temuan Mikazuki Munechika 44 Tabel 4.3 Analisis Data Temuan Hizamaru 46 Tabel 4.4 Analisis Data Temuan Shokudaikiri Mitsutada 48

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14552

Actions (login required)

View Item View Item