Perancangan merchandise kit menggunakan pendekatan ide eksplor ragam hias corak Dayak Ngaju / Sean Elbert Jeremiah

Jeremiah, Sean Elbert (2017) Perancangan merchandise kit menggunakan pendekatan ide eksplor ragam hias corak Dayak Ngaju / Sean Elbert Jeremiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jeremiah, Sean E. 2017. Perancangan Merchandise Kit Menggunakan Pendekatan Ide Eksplor Ragam Hias Corak Dayak Ngaju. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hariyanto, M.Hum., (2) Yon Ade Lose Hermanto, S.Sn, M.Sn. Kata Kunci: Perancangan, Merchandise, Ide eksplor, Corak, Dayak Ngaju. Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan termasuk gaya hidup atau lifestyle. Budaya barat mendominan sehingga budaya Indonesia sendiri tenggelam dan mempengaruhi gaya hidup atau lifestyle anak-anak muda mulai dari cara berpakaian, maka dari itu corak dari dalam negeri merupakan solusi dari banyaknya budaya luar yang masuk ke Indonesia. Manfaat perancangan ini dibedakan menjadi dua, yakni: (1) mengatasi masalah penerapan corak Dayak Ngaju pada merchandise kit dengan menggunakan ide eksplor, (2) memperkaya informasi dan kajian pustaka bagi penulis, kepustakaan jurusan, serta bagi generasi-generasi selanjutnya tentang perancangan merchandise kit dengan ide eksplor. Model perancangan penelitian ini menggunakan model perancangan yang dikemukakan oleh Sadjiman. Model perancangan tersebut dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perancangan merchandise kit corak Dayak Ngaju. Model perancangan ini bersifat deskriptif, yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Secara umum, setelah dirumuskannya latar belakang masalah, diturunkan pada kajian data perancangan yang dibagi menajadi dua yakni data pustaka dan data lapangan. Dari data tersebut dianalisis dan disintesis yang dirumuskan menjadi data perancangan. Setelah itu dilanjutkan dengan konsep perancangan yang dibagi dua, yakni perancangan media dan perancangan kreatif. Dari perancangan ini divisualisasikan lalu dieksekusi untuk menjadi produk perancangan. Media merchandise yang dirancang berupa T-shirt, jaket, sweater, tas, dan handphone case. Dari setiap media merchandise yang dirancang menggunakan desain corak Dayak Ngaju yang terlebih dahulu sudah di cari tahu baik itu bentuk desain, ragamnya, dan arti dari corak itu sendiri. Merchandise T-shirt atau kaos menggunakan ukuran M, L, dan XL dengan teknik cetak DTG dan cetak print serta menggunakan berbagai bahan kain, antara lain : combad 25s dan 30s; carded. Merchandise jaket dan sweater menggunakan ukuran L dengan teknik cetak sublime dan bahan sebagai berikut : jaket Hoodie catton fleece; sweater Bamboo 25s hitam dan dryfit. Merchandise tas ukuran 35x40 dengan bahan Fleece kombinasi dalam tas furing bahan dalam dan teknik cetak sublime printing. Handphone case dengan bahan hardcase dan menggunakan teknik cetak fullprint ABSTRACT Jeremiah, Sean E. 2017. Designing Merchandise Kit Using Approach of Idea Exploration of Decorative Variety of Dayak Ngaju Style. Essay.ProgramVisual Communication Design Studies, Department of Art and Design, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang. Advisor: (1) Dr. Hariyanto, M.Hum., (2) Yon Ade Lose Hermanto, S.Sn, M.Sn. Keywords: Design, Merchandise, Exploratory Idea, Style, Dayak Ngaju. Cultural manifestations are objects created by human beings as cultured beings, in the form of behaviors and objects of a real nature, such as patterns of behavior, language, equipment of life, social organization, religion, art, and including lifestyle or lifestyle. Western culture dominates so that the culture of Indonesia itself sank and influenced the lifestyle or lifestyle of young children ranging from the way of dress, therefore the pattern from within the country is the solution of many outside cultures that enter Indonesia. The benefits of this design are divided into two, namely: (1) overcoming the problem of applying Dayak Ngaju pattern to merchandise kit by using exploratory idea, (2) enriching information and literature review for writer, library major, and for the next generation about design merchandise kit With an exploratory idea. This research design model uses the design model proposed by Sadjiman. The design model is modified in accordance with the design needs of the Dayak Ngaju pattern kit merchandise. This design model is descriptive, which outlines the steps that must be followed to produce the product. In general, after formulating the background of the problem, it is derived in the study of design data divided into two namely the library data and field data. From these data are analyzed and synthesized formulated into design data. After that proceed with the concept of design that is divided into two, namely the design of media and creative design. From this design it is visualized and executed to be a design product. Media merchandise designed in the form of T-shirts, jackets, sweaters, bags, and case phones. From every media merchandise designed using Dayak Ngaju style designs that have been in the first look to know both the shape of the design, the variety, and the meaning of the pattern itself. Merchandise T-shirts or T-shirts use M, L, and XL sizes with DTG printing techniques and print prints and use a variety of fabrics, including: 25s and 30s combad; Carded. Merchandise jackets and sweaters use L sizes with sublime printing techniques and materials as follows: Hoodie catton fleece jacket; Bamboo sweater 25s black and dryfit. Merchandise bag size 35x40 with Combination material combination in inner material furing bag and printing sublime printing technique. Mobile case with hardcase material and using fullprint printing technique.a

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14551

Actions (login required)

View Item View Item