Pengenalan satwa endemik Indonesia melalui komik strip webtoon "Satwati" / Shofyan Maliki

Maliki, Shofyan (2017) Pengenalan satwa endemik Indonesia melalui komik strip webtoon "Satwati" / Shofyan Maliki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maliki, Shofyan. 2017. Pengenalan Satwa Endemik Indonesia Melalui Komik Strip Webtoon ÔÇ£SatwatiÔÇØ. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1). Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd, Pembimbing (2). Dimas Rifqi Novica S.Sn, M.Ds Kata Kunci: Pengenalan, Satwa Endemik Indonesia, Komik strip, Webtoon. Keanekaragaman hayati Indonesia adalah salah satu keunikan yang dimiliki Negara kita. Keanekaragaman hayati ini disebabkan oleh hasil evolusi yang sangat lama, sehingga melahirkan bermacam-macam makhluk hidup. Hasil evolusi tersebut mengakibatkan suatu fenomena yang bernama Endemik. Definisi dari endemik merupakan spesies alami yang mendiami suatu wilayah. Dalam kasusnya Endemik sangat terlihat pada satwa yang hidup di Indonesia. Hal tersebut menjadikan satwa indonesia memiliki ciri khusus, bahkan tidak sama dengan satwa lain diberbagai negara. Karena keunikannya itulah yang membuat manusia melakukan berbagai cara untuk mendapatkan satwa tersebut. Perburuan liar yang dilakukan manusia dapat menyebabkan kepunahan satwa endemik Indonesia. Pentingnya pengawasan, sosialisasi, dan pengenalan satwa kepada masyarakat untuk tidak melakukan perburuan liar merupakan salah satu solusi. Namun, hal tersebut kurang efektif. Maka, dalam perancangan ini memberikan sebuah inovasi baru untuk mengenalkan satwa melalui komik strip Webtoon. Model perancangan ini mengguakan model prosedural yaitu dimulai dari pengumpulan data, analisis data, konsep perancangan media dan visualisasi media. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi media, wawancara, dan pustaka. Perancangan ini menghasilkan media utama berupa komik strip webtoon, sticker line dan beserta media pelengkap seperti poster, X-Banner, T-shirt, tumbler, gantungan kunci guna mendukung aktivitas promosi media utama. Saran yang dapat diberikan adalah seharusnya kemajuan teknologi juga dimanfaatkan untuk mengembangkan bakat melalui komik dan memberikan suatu sajian yang mendidik bukan hanya profokasi ataupun sesuatu yang berisi hal buruk. ABSTRACT Maliki, Shofyan. 2017. The Introduction of Indonesian Endemic Animals Trough ÔÇ£SatwatiÔÇØ As A Webtoon Strip Comic. Thesis, Department of Arts, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisor: (1). Drs. Didiek Rahmanadji, M.Pd, (2). Dimas Rifqi Novica S.Sn, M.Ds Key words: Introduction, Indonesian Endemic Animal, Comic strip, Webtoon. Biodivity is one of the uniqueness in Indonesia. This biodiversity is caused by a very long evolution, resulting to a variety of living things. The result of such evolution is a phenomenon called Endemic. The definition of endemic is a natural species that inhabits a region. In this case, Endemic is very visible in animals living in Indonesia. The explanation above makes Indonesian animals have some special characteristics, even different from other animals in various countries. Because of its uniqueness, people try in a various ways to own these animals. Illegal hunting for example can lead to the extinction of Indonesian endemic animals. The importance of surveillance, socialization, and introduction of the wildlife to community approach will is one of the solution. However, it is less effective. So, in this design provides a new way to introduce animals through comic strips in the form of Webtoon. This design uses a procedural model that starts from data collection, data analysis, the concept of media design and media visualization. Methods of data collection is done through media observation, interviews, and literature. This design produces the main media in the form of Webtoon comic strips, line sticker and along with complementary media such as posters, X-Banner, T-shirt, tumbler, and keychain to support the main media promotion activities. Suggestions given that technological advancement should also be used to develop talent through comics and provide an educational contant, not for provocation intimidation or something that contains negative things.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14550

Actions (login required)

View Item View Item