Hubungan antara kebugaran jasmani dan pola belajar dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa kelas VIII SMPN 2 Bantur Kabupaten Malang / Satria Abdan Choiron Nusagama - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kebugaran jasmani dan pola belajar dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa kelas VIII SMPN 2 Bantur Kabupaten Malang / Satria Abdan Choiron Nusagama

Nusagama, Satria Abdan Choiron (2020) Hubungan antara kebugaran jasmani dan pola belajar dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa kelas VIII SMPN 2 Bantur Kabupaten Malang / Satria Abdan Choiron Nusagama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nusagama S.A.C. 2019. Hubungan antara Kebugaran Jasmani dan Pola Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bantur Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E. Winarno M.Pd. Kata Kunci kebugaran jasmani pola belajar prestasi belajar Pemahaman terhadap Prestasi belajar siswa dapat diketahui berdasarkan faktor-faktor prestasi belajar. Fakta yang terjadi berdasarkan observasi oleh peneliti menemukan bahwa siswa terlihat memiliki ciri-ciri kekurangan kebugaran jasmani ditandai dengan ketidakaktifan siswa pada saat pembelajaran selain itu berdasarkan wawancara dengan guru pendidikan jasmani belum diperoleh informasi terkait pola-pola belajar yang dilakukan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kebugaran jasmani dan pola belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN 2 Bantur Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan menggunakan dua variabel bebas yaitu kebugaran jasmani (X1) dan pola belajar (X2) dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Bantur yang berjumlah 245 siswa dan sampel penelitian menggunakan 54 siswa dengan jumlah siswa putra berjumlah 25 siswa dan siswa putri berjumlah 29 siswa yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel purposive cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan non tes yaitu a) Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 13-15 tahun untuk mengetahui kebugaran jasmani b) pengukuran pola belajar menggunakan kuesioner pola belajar dan c) pengukuran prestasi menggunakan dokumentasi nilai rapot. Analisis data dimulai dari uji persyaratan analisis yakni uji normlitas dan uji linieritas kemudian uji hipotesis menggunakan korelasi product moment korelasi berganda dan analisis regresi berganda. Hasi penelitian antara lain (1) kebugaran jasmani dengan prestasi belajar diperoleh hasil rhitung (0 744) rtabel (0 268) (2) pola belajar dengan prestasi belajar diperoleh hasil rhitung (0 749) rtabel (0 268) dan (3) kebugaran jasmani dan pola belajar dengan prestasi belajar diperoleh hasil Rhitung (0 856) Rtabel (0 268). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan prestasi belajar (2) terdapat hubungan yang signifikan antara pola belajar dengan prestasi belajar dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dan pola belajar dengan prestasi belajar. Oleh karena itu peneliti menyarankan sebaiknya siswa harus senantiasa menjaga kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik serta olahraga teratur dan selalu membiasakan belajar untuk menghasilkan prestasi belajar yang optimal. 1 2RINGKASAN Nusagama S.A.C. 2019. Hubungan antara Kebugaran Jasmani dan Pola Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bantur Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E. Winarno M.Pd. Kata Kunci kebugaran jasmani pola belajar prestasi belajar Pemahaman terhadap Prestasi belajar siswa dapat diketahui berdasarkan faktor-faktor prestasi belajar. Fakta yang terjadi berdasarkan observasi oleh peneliti menemukan bahwa siswa terlihat memiliki ciri-ciri kekurangan kebugaran jasmani ditandai dengan ketidakaktifan siswa pada saat pembelajaran selain itu berdasarkan wawancara dengan guru pendidikan jasmani belum diperoleh informasi terkait pola-pola belajar yang dilakukan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kebugaran jasmani dan pola belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN 2 Bantur Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan menggunakan dua variabel bebas yaitu kebugaran jasmani (X1) dan pola belajar (X2) dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Bantur yang berjumlah 245 siswa dan sampel penelitian menggunakan 54 siswa dengan jumlah siswa putra berjumlah 25 siswa dan siswa putri berjumlah 29 siswa yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel purposive cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan non tes yaitu a) Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 13-15 tahun untuk mengetahui kebugaran jasmani b) pengukuran pola belajar menggunakan kuesioner pola belajar dan c) pengukuran prestasi menggunakan dokumentasi nilai rapot. Analisis data dimulai dari uji persyaratan analisis yakni uji normlitas dan uji linieritas kemudian uji hipotesis menggunakan korelasi product moment korelasi berganda dan analisis regresi berganda. Hasi penelitian antara lain (1) kebugaran jasmani dengan prestasi belajar diperoleh hasil rhitung (0 744) rtabel (0 268) (2) pola belajar dengan prestasi belajar diperoleh hasil rhitung (0 749) rtabel (0 268) dan (3) kebugaran jasmani dan pola belajar dengan prestasi belajar diperoleh hasil Rhitung (0 856) Rtabel (0 268). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan prestasi belajar (2) terdapat hubungan yang signifikan antara pola belajar dengan prestasi belajar dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dan pola belajar dengan prestasi belajar. Oleh karena itu peneliti menyarankan sebaiknya siswa harus senantiasa menjaga kebugaran jasmani melalui aktivitas fisik serta olahraga teratur dan selalu membiasakan belajar untuk menghasilkan prestasi belajar yang optimis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/145478

Actions (login required)

View Item View Item