Syahroni, Ufin Imam (2020) Upaya meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks melalui metode discovery learning pada siswa kelas VIII I SMP Negeri 10 Malang / Ufin Imam Syahroni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Syahroni Ufin I. 2019. Upaya meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks melalui metode discovery learning pada siswa kelas VIII I SMP Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Mu arifin M.Pd Kata Kunci hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks pendidikan jasmani metode discovery learning. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan salah satu bidang studi yang terdapat pada kurikulum sekolah menengah pertama (SMP) yang merupakan sebuah kegiatan belajar mengajar melalui kegiatan jasmani dan olahraga. Pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks termasuk ke dalam cakupan materi yang diberikan pada kelas VIII. Berdasarkan hasil kajian dokumentasi pendidikan jasmani pembelajaran atletik nomor tolak peluru gaya ortodoks di SMP Negeri 10 Malang pada semester ganjil tahun 2018/2019 yaitu rendah. Pada aspek kognitif memperoleh hasil 30% pada aspek afektif memperoleh hasil 40% dan pada aspek psikomotorik memperoleh hasil 23.33%. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa kelas VIII-I SMP Negeri 10 Malang dengan menggunakan metode discovery learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 10 Malang dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terdiri dari 14 perempuan dan 18 laki-laki. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Malang yang terletak di Jl Raya Mayjen Sungkono Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara dokumentasi dan tes keterampilan. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif. Hasil penelitian pendidikan jasmani pembelajaran atletik nomor tolak peluru gaya ortodoks pada aspek kognitif memperoleh hasil 89 33% Pada penilaian aspek afektif memperoleh hasil 87 49% pada penilaian aspek psikomotorik memperoleh hasil 87 3% gerakan awalan gerakan pelaksanaan 78 12% gerakan akhiran 81 25%. Berdasarkan hasil data di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa kelas VIII-I SMP Negeri 10 Malang. Saran dari peneliti yaitu seorang guru bisa memberdayakan metode pembelajaran discovery learning kepada siswa di sekolah. Sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut tercapai dan hasil belajar mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/145476 |
Actions (login required)
View Item |