Firdaus, Muhammad Anwar (2020) Survei keterampilan gerak dasar lokomotor nonlokomotor dan manipulatif siswa putri kelas VII MTs Negeri 1 Kota Malang / Muhammad Anwar Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Firdaus Anwar M. 2019. Survei Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Nonlokomotor dan Manipulatif Siswa Putri Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Siti Nurrochmah M.Kes. Kata Kunci gerak dasar lokomotor nonlokomotor manipulatif. Dalam pendidikan jasmani ada tiga jenis gerak yaitu gerak dasar lokomotor nonlokomotor serta gerak dasar manipulatif. Gerak dasar sudah diajarkan dalam satuan pendidikan SD seharusnya ketika memasuki jenjang SMP sederajat seorang siswa mampu menerapkan gerak dasar dengan benar namun kenyatannya siswa putri di kelas VII MTs Negeri 1 Kota Malang ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan beberapa aspek gerak yang terdapat dalam unsur gerak lokomotor nonlokmotor serta manipulatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi keterampilan gerak dasar yang meliputi gerak lokomotor nonlokomotor serta manipulatif khususnya untuk siswa putri kelas VII MTs Negeri 1 Kota Malang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan rancangan survei deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 88 orang siswa putri kelas VII MTs Negeri 1 Kota Malang. Dalam mengumpulkan data menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes gerak dasar yang meliputi tiga unsur gerak yaitu gerak lokomotor nonlokomotor serta manipulatif. Hasil analisis data (1) gerak dasar lokomotor yang menggunakan tes lari zig-zag dalam kondisi baik dengan persentase 35% loncat jauh tanpa awalan 35 % dalam kategori kurang baik untuk lompat jauh menggunakan awalan besar persentase 36% dengan kategori kurang baik (2) nonlokomotor tes back up punggung 40% dalam kategori cukup baik dan back up kaki 36% kategori kurang baik (3) manipulatif tes lempar tangkap bola tenis 33% cukup baik dan untuk tes chest pass 44% kurang baik. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan gerak dasar (1) lokomotor unsur lari zig-zag dalam kondisi baik tes loncat jauh tanpa awalan dalam kategori kurang baik dan tes lompat jauh menggunakan awalan dalam kategori kurang baik (2) nonlokomotor tes back up punggung dalam kategori cukup baik dan back up kaki dalam kategori kurang baik (3) manipulatif tes lempar tangkap bola tenis dalam kondisi cukup baik sedangkan untuk chest pass tergolong dalam kondisi kurang baik. Peneliti menyarankan khsusnya untuk siswa putri kelas VII MTs Negeri 1 Kota Malang untuk lebih meningkatkan kondisi gerak dasar lokomotor nonlokomotor dan manipulatif yang lebih baik dengan berlatih secara rutin mengingat bahwa siswa kelas VII merupakan siswa transisi dari pendidikan sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/145475 |
Actions (login required)
View Item |