Perancangan biografi digital Tan Malaka "Pahlawan Nasional yang Terlupakan" / Elien Widayuk - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan biografi digital Tan Malaka "Pahlawan Nasional yang Terlupakan" / Elien Widayuk

Widayuk, Elien (2017) Perancangan biografi digital Tan Malaka "Pahlawan Nasional yang Terlupakan" / Elien Widayuk. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widayuk Elien. 2017. Perancangan Biografi Digital Tan Malaka Pahlawan Nasional Yang Terlupakan . Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch. Abdul Rahman S.Sn M.Sn (II) Heppy Jundan Hendrawan S.Sn M.Ds. Kata Kunci Biografi digital Pahlawan Nasional Tan Malaka Tan Malaka merupakan salah satu pahlawan nasional yang dilupakan jasanya dalam kemerdekaan Indonesia. Mempelajari sejarah dari tokoh pahlawan tidak cukup hanya dengan mengenal foto nama dan daerah asalnya saja namun juga harus mengetahui biografinya. Sementara itu pendidikan berbasis digital akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan sarana untuk mengenalkan kembali pahlawan nasional yang terlupakan dalam catatan sejarah melalui media digital sebagai bentuk kontribusi dalam pengembangan proses digitalisasi dunia pendidikan di Indonesia. Tujuan perancangan ini adalah untuk mengenalkan Tan Malaka sebagai tokoh pahlawan nasional yang dilupakan melalui biografi dalam bentuk digital. Model perancangan prosedural yang dipilih yaitu model perancangan 4D (Define Data Design Disseminate) mulai dari mengidentifikasi masalah dan kebutuhan remaja sebagai target audien sampai memperkenalkan produk hasil perancangan sebagai solusi permasalahan. Perancangan ini terdiri dari media utama yaitu DVD yang berisi video Biografi Digital Tan Malaka serta media pendukung seperti Booklet Stiker Kaos Poster dan X-Banner. Data perancangan ini diperoleh dari kuisioner yang dibagikan dan pengumpulan data-data buku. Perancangan biografi digital ini merupakan salah satu wujud atas kepedulian terhadap banyaknya pahlawan yang jasanya dilupakan. Biografi Tan Malaka yang diangkat merupakan salah satu upaya pengenalan tokoh pahlawan nasional dalam sejarah agar generasi muda tidak melupakan jasa para pahlawannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Perangkat lunak yang dipakai antara lain Adobe Illustrator CS 5 Adobe Flash CS5 dan Adobe Premiere CS 5. Proses produksi biografi digital berbentuk video ini hampir sama dengan proses pembuatan video pada umumnya yaitu pembuatan narasi storyboard sket manual ilustrasi digital proses animasi dubbing pemberian backsound dan sound effect hingga finishing. Hasil akhir dari proses produksi ini adalah sebuah video yang benar-benar dapat digunakan dan dinikmati sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14547

Actions (login required)

View Item View Item