Perancangan katalog berbasis ilustrasi sebagai media informasi untuk mengoptimalkan revitalisasi Bangunan Cagar Budaya Kotatua Jakarta / Damarumi Ridhagusti

Ridhagusti, Damarumi (2017) Perancangan katalog berbasis ilustrasi sebagai media informasi untuk mengoptimalkan revitalisasi Bangunan Cagar Budaya Kotatua Jakarta / Damarumi Ridhagusti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK RidhaGusti, Damarrumi. 2017. Perancangan Katalog Berbasis Ilustrasi Sebagai Media Informasi Untuk Mengoptimalkan Revitalisasi Bangunan Cagar Budaya Kotatua Jakarta. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Moch. Abdul Rahman, S.Sn, M.sn. (2) Andhika Putra Herwanto, S.Sn, M.Sn Kata Kunci: Katalog, Ilustrasi, Informasi, Revitalisasi, Bangunan Cagar Budaya, Kotatu Jakarta Kotatua sebagai cikal bakal Jakarta, tentunya menyimpan banyak cerita di balik bangunan cagar budaya peninggalan masa lalu dari zaman kolonial Belanda. Dari Kotatua, ada banyak hal yang bisa dipelajari. Tidak hanya sejarah, melainkan juga arsitektur, kearifan lokal, dan budaya. Sayangnya, Kotatua tidak mendapat perhatian penuh dari pemerintah. Program revitalisasi yang sedang berlangsung seringkali macet dikarenakan beberapa faktor diantaranya masalah kepemilikan bangunan dan investor yang enggan menanamkan modalnya untuk berbisnis. Maka diperlukan perancangan media informasi yang dapat membantu mengoptimalkan program revitalisasi dengan mengedukasi pentingnya pelestarian bangunan cagar budaya baik dari pihak yang terlibat langsung maupun masyarakat luas. Perancangan katalog berisi informasi sejarah Kotatua Jakarta dan ilustrasi cat air bangunan cagar budaya. Ilustrasi memiliki kekuatan tersendiri dalam penyajian sebuah informasi, situasi yang terekam dari pengamatan illustrator dapat membuat orang lain ikut melihat dan mempelajari informasi visual dengan kesan yang berbeda secara efektif. Dibandingan dengan hasil pemotretan, ilustrasi dapat mengempasis bagian-bagian tertentu yang dianggap penting saja. Cat air sendiri memiliki karakteristik transparan. Warna yang dihasilkannya juga cenderung natural, dan lembut. Perancangan menggunakan model perancangan yang telah dikembangkan dari Yonky Safanayong. Sedangkan pengumpulan data yang berkaitan dengan bangunan cagar budaya Kotatua Jakarta didapat melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Final design perancangan media utama berupa katalog dalam bentuk buku berukuran 21 cm x 21 cm setebal 64 halaman dan brochure. Sedangkan media pendukung antara lain yaitu poster, flyer, x-banner dan merchandise yaitu journal book, bookmark, postcard dan topi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14545

Actions (login required)

View Item View Item