Preferensi konsumen terhadap atribut produk batik banteng agung Kota Batu / Ajeng Sinta Resmining Tyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Preferensi konsumen terhadap atribut produk batik banteng agung Kota Batu / Ajeng Sinta Resmining Tyas

Tyas, Ajeng Sinta Resmining (2020) Preferensi konsumen terhadap atribut produk batik banteng agung Kota Batu / Ajeng Sinta Resmining Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Batik Banteng Agung merupakan salah satu usaha batik yang ada di kota Batu. Setiap penjualan produk batik perlu diketahui bagian mana yang disukai oleh konsumen yang disebut juga preferensi konsumen. Aspek yang dibahas untuk mengetahui preferensi tersebut diperoleh dari atribut produk yang meliputi harga merk kualitas dan desain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan preferensi konsumen terhadap atribut produk batik Banteng Agung. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi usaha kerja untuk menciptakan produk dan kualitas jasa yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen di galeri batik Banteng Agung Kota Batu sebanyak 73 konsumen yang diperoleh dari data penjualan bulan Januari sampai dengan Oktober. Instrument yang digunakan yaitu metode kuesioner sejumlah 25 item pernyataan. Uji validitas menggunakan teknik Correlation Product Moment dan seluruh item dinyatakan valid dengan nilai Cronbach alpha sebesar 0 963 dan dinyatakan reliabel. Hasil penelitian ini pada preferensi konsumen terhadap atribut produk batik Banteng Agung Kota Batu diketahui persentase tertinggi terdapat pada indikator merk dan desain sebesar 70 9% sebanyak 44 konsumen menunjukkan pada kategori baik. Lalu indikator kualitas sebanyak 40 konsumen menunjukkan kategori baik dengan persentase sebesar 64 4% yang dinyatakan dengan jawab setuju. Indikator terakhir dan terendah terdapat pada dimensi harga 36 konsumen menunjukkan kategori baik dengan menyatakan jawaban setuju yaitu nilai persentase sebesar 58%. Dapat disimpulkan bahwa atribut produk pada preferensi konsumen terhadap atribut produk batik Banteng Agung Kota Batu menunjukkan kategori baik. Saran ditujukan kepada mahasiswa Lembaga dan pemilik usaha dengan harapan penelitian dapat menjadi sumber belajar dan bahan evaluasi yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/145405

Actions (login required)

View Item View Item