Analisis deskriptif penggunaan kuis kahoot! pada evaluasi pembelajaran boga dasar kelas x smkn 3 malang / Dwi Puspita Wati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis deskriptif penggunaan kuis kahoot! pada evaluasi pembelajaran boga dasar kelas x smkn 3 malang / Dwi Puspita Wati

Wati, Dwi Puspita Wati (0000) Analisis deskriptif penggunaan kuis kahoot! pada evaluasi pembelajaran boga dasar kelas x smkn 3 malang / Dwi Puspita Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wati Dwi Puspita. 2021. Analisis Deskriptif Penggunaan Kuis Kahoot Pada Evaluasi Pembelajaran Boga Dasar Kelas X SMKN 3 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Teti Setiawati M.Pd. (II) Dr. Nunung Nurjanah M.Kes. Kata Kunci Evaluasi Pembelajaran Kahoot Boga Dasar. Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses untuk mengetahui hasil belajar yang dilalui oleh pendidik dan peserta didik dalam keseluruhan proses pembelajaran. Pada saat ini tuntutan abad 21 dan adanya pembelajaran daring menjadikan sekolah harus mampu untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komputer. Hal itu dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi dalam kegiatan evaluasi agar lebih efektif dan menarik. Kahoot dalam penelitian ini digunakan sebagai alat evaluasi praktis dan interaktif pada kegiatan evaluasi pembelajaran Boga Dasar. Kahoot sebagai salah satu alternatif yang menjadikan kegiatan evaluasi pembelajaran menjadi lebih efektif menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan waktu yang digunakan pada kegiatan evaluasi pembelajaran menggunakan kuis Kahoot suasana belajar dan respon siswa terhadap kuis Kahoot pada evaluasi pembelajaran Boga Dasar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis persentase. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Malang secara online. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari seluruh jumlah responden sebanyak 98% siswa mengerjakan kuis Kahoot sesuai dengan alokasi waktu yg tersedia. Suasana belajar pada kegiatan evaluasi pembelajaran menggunakan kuis kahoot yaitu sebanyak 68% siswa menjawab menyenangkan sebanyak 32% siswa menjawab cukup menyenangkan. Respon siswa terhadap kuis Kahoot pada kegiatan evaluasi pembelajaran yaitu dari seluruh jumlah responden sebanyak 80% siswa merespon baik dan sebanyak 20% siswa merespon cukup baik. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa waktu yang digunakan pada evalusi pembelajaran Boga Dasar kelas X menggunakan kuis Kahoot di SMKN 3 Malang sebagian besar sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia pada kuis suasana belajar pada kegiatan evaluasi pembelajaran lebih dari setengahnya siswa menyatakan menyenangkan serta respon siswa terhadap kuis Kahoot lebih dari setengahnya siswa menyatakan baik. Penelitian ini sangat memungkinkan untuk ditindak lanjuti bagi peneliti selanjutnya pada materi pelajaran Tata Boga lainnya. Penting untuk dipertimbangkan dan dikaji lebih lanjut mengenai ada atau tidaknya dampak negatif dari penggunaan kuis Kahoot pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/145390

Actions (login required)

View Item View Item