Perancangan board game pengenalan satwa endemik Indonesia untuk anak-anak / Dimas Putra Bagus Wedi

Wedi, Dimas Putra Bagus (2017) Perancangan board game pengenalan satwa endemik Indonesia untuk anak-anak / Dimas Putra Bagus Wedi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wedi, Dimas Putra Bagus. 2017. Perancangan Board Game Pengenalan Satwa Endemik Indonsia untuk Anak-Anak. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rohman, S. Sn, M.Sn. (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn.,M,Sn. Kata Kunci: Perancangan, Board Game, Satwa Endemik Indonesia, Anak-Anak Indonesia memiliki banyak hutan hujan tropis yang merupakan habitat bagi ribuan satwa. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan biodiversitas tertinggi di dunia.Dari sekian banyaknya satwa yang ada di Indonesia, sebagian merupakan satwa endemik (asli) Indonesia. Namun, masyarakat Indonesia masih belum banyak yang mengetahuinya. Dengan berkembangnya zaman pula, keberadaan satwa-satwa ini juga semakin tercancam. Oleh sebab itu diperlukan rasa kepedulian agar keberadaan mereka bisa tetap terjaga. Memupuk rasa kepedulian terhadap satwa ini, hendaknya bisa dilakukan sejak dini. Pengenalan satwa asli Indonesia kepada anak-anak bisa dilakukan melalui media yang dekat dengan keseharian mereka, dan permainan dirasa mampu untuk melakukan hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media permainan yang mampu mengenalkan satwa endemik Indonesia dengan baik. Pemilihan board game sebagai media yang bisa mengenalkan satwa endemik Indonesia dirasa cocok karena merupakan permainan yang mudah dan sering dimainkan oleh anak-anak. Dalam perancangan media ini, metode yang digunakan adalah metode perancangan prosedural bersifat deskriptif, yakni menggunakan langkah-langkah yang berurutan dan terstruktur dalam menghasilkan produk. Perancangan ini dimulai dari permasalahan, diikuti dengan pengumpulan data, analisis, sintesis dan tahap akhir berupa konsep perancangan. Dari proses yang sudah diikuti tersebut, nantinya bisa diperoleh media yang tepat guna dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Hasil perancangan ini berupa board game dengan teknis permaianan yang mudah serta memuat informasi mengenai satwa endemik Indonesia. Permainan dirancang semenarik mungkin, dengan visualisasi yang baik, serta dengan mengabungkan beberapa mekanisme permainan board game agar lebih seru dan menantang. Pemilihan karakter, warna dan gaya desain juga disesuaikan dengan kepribadian anak-anak dengan tujuan agar anak-anak menyukai permainan ini dan bisa menumbuhkan rasa peduli serta cinta terhadap satwa endemik di Indonesia. ABSTRACT Wedi, Dimas Putra Bagus. 2017. Designing Introduction of Endemic Indonesian Animals Board Game for Children. Thesis, Visual Communication Design Studies Program, Department of Art and Design, Faculty of Letters. Universitas Negeri Malang. Lecturers: (I) Moch. Abdul Rohman, S. Sn, M.Sn. (II) Andreas Shah Pahlevi, S.Sn., M, Sn. Keywords: Design, Board Game, Endemic Indonesian Animals, Children Indonesia has many tropical rainforests that are home to thousands of animals. This makes Indonesia as one of the countries with the highest biodiversity in the world. Of the many animals that exist in Indonesia, most of the animals are endemic. However, the people of Indonesia is still not much to know. With the development of the era, the existence of these animals are also increasingly threatened. Therefore, a sense of care so that their existence can be maintained. Cultivate a sense of concern for these animals, should be done early. The introduction of endemic Indonesian animals to children can be done through media that is close to their daily life, and the game is able to do so. The purpose of this research is to design game media that can introduce the endemic species of Indonesia well. Board game is chosen as a media that can introduce endemic Indonesian animals, because it is an easy game and is often played by children. In designing this media, the method used is descriptive procedural design method, which uses sequential and structured steps in producing the product. This design starts from the problem, followed by data collection, analysis, synthesis and final stage in the form of design concept. From the process that has been followed, will be obtained by the appropriate media and can achieve the desired goals. The results of this design will be board game with easy game engineering and contains information about endemic Indonesian animals. The game is designed as exciting as possible, with good visualization, as well as by combining some board game mechanisms to make it more exciting and challenging. The selection of character, color and style of design is also tailored to the personality of children with the aim that children love this game and can foster a sense of care and love of endemic animals in Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14534

Actions (login required)

View Item View Item