Perancangan strategi visual "Jejamuran" Agrowisata Tulungrejo sebagai upaya penguatan positioning desa wisata / Dwi Ajeng Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Dwi Ajeng (2017) Perancangan strategi visual "Jejamuran" Agrowisata Tulungrejo sebagai upaya penguatan positioning desa wisata / Dwi Ajeng Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningtyas, Dwi Ajeng. 2017. Perancangan Strategi Visual ÔÇ£JejamuranÔÇØ Agrowisata Tulungrejo Sebagai Upaya Penguatan Positioning Desa Wisata. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc, Ph.D, (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn Kata Kunci: Promosi, Jamur Tiram, Tulungrejo, Pariwisata, Desa wisata. Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karateristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Salah satu desa yang dikukuh menjadi desa wisata adalah desa Tulungrejo. Desa Tulungrejo salah satu penghasil apel terbanyak di kota Batu, selain itu sudah dijadikan destinasi wisata petik apel. Di desa Tulungrejo juga merupakan penghasil jamur Tiram terbanyak dibandingkan di desa lain. Melihat kondisi tersebut di desa Tulungrejo memiliki potensi wisata edukasi tentang budidaya jamur Tiram. Salah satunya dengan memperkenalkan potensi tersebut dengan kegiatan promosi dan branding agar menunjang peningkatan kunjungan wisatawan. Di desa Tulungrejo belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, untuk memperkenalkan desa wisata Jamur diperlukan beberapa strategi promosi dan branding dengan media yang sesuai dengan desa wisata Jamur. Strategi promosi dan branding ini nantinya akan berimbas pada eksistensi desa wisata Tulungrejo yang memiliki potensi budidaya jamur Tiram. Model perancangan yang digunakan adalah procedural dengan bentuk penelitian kualitatif yaitu model yang bersifat deskriptif. Model perancangan ini menjelaskan tahapan yang dilalui dalam proses perancangan media promosi dan branding. Tahapan tersebut meliputi kegiatan identifikasi masalah, analisis data, sintesa serta pengumpulan data, perencanaan media, perencanaan kreatif, konsep kreatif perancangan, tata desain dan desain final. Pada kegiatan perancangan media promosi dan branding menghasilkan media yaitu logo, tagline dan katalog. Serta media promosi berupa poster, x-benner, billboard. Selain itu ada pula rancangan 3D toko untuk souvenir dan dapur untuk menunjang fasilitas desa wisata. Media ini diharapkan menjadi media promosi yang efektif untuk meningkatkan daya kunjung wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Serta membangun citra positif bagi desa wisata Jamur di desa Tulungrejo. ABSTRACT Wahyuningtyas, Dwi Ajeng. 2017. Designing Visual Strategy Of TulungrejoÔÇÖs Mushroom Agrotourism As One Effort To Streng Than The Positioning Of Tourism Village. Thesis. Thesis, Art and Design Department, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisors: (I). Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc, Ph.D, (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn Keywords: Promotion, Oyster Mushroom, Tulungrejo, Tourism, Tourist Village. Tourism Village is one kind of village which has some special characteristics to be one of tourist destinations. One of tourist villages is Tulungrejo Village. Tulungrejo Village is one of the most apple producers at Batu city which is known as apple-picking tourist destination. Besides, this village also produces a big amount of oyster mushroom. Looking at this condition, we can see that this village has huge potencies in education tourism, one of which is about how to produce oyster mushroom. One of the way in introducing those potencies is by conducting promoting and branding in order to support the enhancement of tourists visits. Due to the low-popularity of Tulungrejo Village, we need to introduce the potencies of this village using several strategies of promotion and branding. Those strategies will influence the existence of Tourist Village Tulungrejo which has potency to produce oyster mushroom. The design of this study was using qualitative approach along with descriptive research. This design explain about the steps on the process of designing promotion and branding media. Those steps include the activity of identifying the problems, data analysis, synthesis along with gathering the data, media planning, creative planning, creative concept planning, designing and final design. From the process of designing, the promotion and branding media have some results such as logo, tagline and catalogue. İn addition to that, there is also promotion media such as poster, x-banner, and billboard. Besides, it also produces 3D shop design for souvenir and kitchen to support the facilities of Tourist Village This media is expected to be effective promotşon media tools to increase the amount both of foreign tourists and local tourists as well as building the positive impact towards the development of Mushroom Tourist Village at Tulungrejo Village. KATA PENGANTAR Puji syukur kehadiran Allah SWT, atas limpahan Rahmat dan Karunia, sehingga Penulis dapat merampungkan skripsi dengan judul: Perancangan Komunikasi Visual Desa Wisata Jamur Di Desa Tulungrejo Sebagai Media Promosi Wisata. Ini untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan studi serta dalam rangka memperoleh gelar Sarjana Strata Satu (S1) pada Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni & Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Selama proses penyusun skripsi ini, penyusun mendapatkan banyak pengalaman yang sangat berharga. Proses penyusunan skripsi ini tak lepas dengan adanya bantuan, dorongan, bimbingan dari berbagai pihak, dalam kesempatan ini penyusun ingin menyampaikan banyak terima kasih kepada: 1.Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, yang telah memberi kelancaran dalam penyelesaian penyusunan skripsi ini, 2.Dr. Hariyanto, M.Hum. selaku Ketua Jurusan Seni & Desain Universitas Negeri Malang, yang telah memberi kelancaran dalam penyelesaian skripsi ini 3.Drs. Sarjono, M.Sn. selaku Ketua Prodi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang, yang telah memberi kelancaran dan saran dalam penyusunan skripsi ini, 4.Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc., Ph.D. selaku pembimbing satu yang telah memberikan banyak masukan ilmu kepada penyusun skripsi ini, 5.Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn selaku pembimbing dua yang telah membantu dan memberikan banyak masukan ilmu kepada penyusun, 6.Terima kasih kepada kedua orangtua, dan Nurinda Diani yang telah memberikan semangat dalam mengerjakan skripsi ini, 7.Terima kasih kepada para sahabat, teman dan semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Akhir kata Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan apabila ada yang tidak tersebutkan Penulis mohon maaf, dengan besar harapan semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Maka, penulis memohon saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaannya dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Malang, 27 Mei 2017 Penulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14529

Actions (login required)

View Item View Item