Perancangan katalog wayang koleksi Museum Wayang Indonesia" di Kabupaten Wonogiri sebagai pelestarian budaya adiluhung / Muflih Fauzi Akbar

Akbar, Muflih Fauzi (2017) Perancangan katalog wayang koleksi Museum Wayang Indonesia" di Kabupaten Wonogiri sebagai pelestarian budaya adiluhung / Muflih Fauzi Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muflih, Fauzi Akbar. 2017. Perancangan Katalog Wayang Koleksi ÔÇÿMuseum Wayang IndonesiaÔÇÖ di Kabupaten Wonogiri Sebagai Pelestarian Budaya Adiluhung, Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M.Sn. (II) Hartono, S.Sn., M.Sn. Kata Kunci: katalog, wayang, budaya adiluhung Wayang merupakan seni budaya adiluhung mengandung nilai-nilai luhur yang harus dilestarikan agar generasi muda mengetahui seni budaya adiluhung. Kabupaten Wonogiri memiliki museum wayang yang memiliki berbagai macam koleksi wayang. Namun media informasi untuk menyampaikan kepada masyarakat sangat minim, sehingga diperlukan media informasi yang tepat dan menarik salah satunya adalah katalog. Media tersebut dimungkinkan dapat memberikan informasi secara rinci dan menarik Model perancangan yang digunakan dalam perancangan buku katalog wayang menggunakan perancangan prosedural yang bersifat deskriptif, dimulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan masalah, data perancangan, analisis, sintesis, konsep perancangan hingga terwujudnya hasil karya. Konsep dari perancangan ini mengambil konsep simply vintage, minimalis tetapi memiliki kesan vintage dengan menggunakan warna putih dan merah tua dan juga fotografi sebagai ilustrasinya. Perancangan ini menghasilkan media informasi buku katalog yang memuat informasi mengenai wayang koleksi Museum Wayang Indonesia yang disajikan dengan ilustrasi fotografi. Media pendukungnya berupa poster, flyer/leaflet, x-banner, spanduk dan iklan majalah. Dengan adanya buku katalog wayang berbasis fotografi diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas terutama generasi muda mengenai seni budaya wayang guna upaya pelestarian budaya adiluhung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14525

Actions (login required)

View Item View Item