Persepsi desainer lokal terhadap kompetisi crowdsourcing (studi kualitatif praktek crowdsourcing desain logo berbasis online) / Hana Gratia Apriliani

Apriliani, Hana Gratia (2017) Persepsi desainer lokal terhadap kompetisi crowdsourcing (studi kualitatif praktek crowdsourcing desain logo berbasis online) / Hana Gratia Apriliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriliani, Hana Gratia. 2016. PersepsiDesainerLokalterhadapKompetisi Crowdsourcing (StudiKualitatifPraktek Crowdsourcing Desain Logo Berbasis Online),Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Rudi Irawanto,S.Pd, M.Sn, (II) Andreas SyahPahlevi, S.Sn, M.Sn Kata kunci: crowdsourcing, desainer, logo, kompetisidesain Tujuandaripenelitianiniadalah (1) Untukmengetahuipersepsiparadesainer logo mengenaifenomenacrowdsourcing, (2) Untukmengetahuiaspek-aspekpembentukpersepsiparadesainer logo mengenaikompetisicrowdsourcing. Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifdeskriptif. Sumber data dalampenelitianiniyaitu: Informanataunarasumber, yaituenambelasdesainer logo yang berdomisili di Malang Raya. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikwawancaramendalam (in depth interviewing) danstudidokumentasi. Teknikpengembanganvaliditas data yang digunakandalampenelitianiniadalahtriangulasi data yaitutriangulasiteoridanpengamat. Adapunteknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalah model analisisinteraktifmenurut Miles danHubberman yang memilikitigakomponenyaitu: reduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulanatauverifikasi. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwa: (1) Pengetahuanseorangdesainermengenai logo dan proses desaintidakdapatdiukurdarilatarbelakangpendidikannya. Walaupunseharusnyadesainerberlatarbelakangpendidikan formal lebihmampumenguasai, namunsaatini media lainnyamampumenjadisumberbelajardesain. Pengetahuanmengenaicrowdsourcingbisadidapatkanmelaluiinformasidariteman, pengalamanpribadimaupunbrowsing di internet. Situscrowdsourcingterbagiberdasarkanregistrasinya, yaitudiujiterlebihdahuludantidak. Kompetisicrowdsourcingjugaterbagimenjadiopen contestdanblind contest. Dalammenentukanhargasebuah logo, desainertidakdapatmenentukansecarapastikarenaadanyadarifaktordaridesainerdankliennya. Namunadanyafenomena ÔÇ£hargatemanÔÇØ danhargadalamnegerimenjadikeresahandesainersehinggahampirsemuatertarikdenganklienluarnegeridancrowdsourcingadalahalternatifnya. (2) Persepsidesainer logo sebagianbesar pro terhadapcrowdsourcingkarenadianggapmudah, cepatdannyaman, sedangkan yang kontramenganggapcrowdsourcingadalahancaman. Adapunberbagaifaktor internal yang lebihkuatdalammenentukanpersepsitersebut, antara lain idealismedankebutuhan. Selainituperbedaannilaimatauangjugasalahsatufaktoreksternalnya. Padapraktekcrowdsourcing, desainerseringkalimenoleransiadanyapelanggarankodeetikdesainer. (3) Perilakuataukebiasaandesainerdalamcrowdsourcingditentukanberbagaimotivasi, antaralain; berorientasipadapersonal branding,portofolio,finansial, danada yang iseng-isengsaja. Motivasiberpengaruhterhadapintensitasberkompetisi. Sedangkandesainer yang kontramemilikimotivasijangkapanjangyaitumengedukasidesainerdanklienmengenai proses desain logo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14505

Actions (login required)

View Item View Item