Apriliani, Hana Gratia (2017) Persepsi desainer lokal terhadap kompetisi crowdsourcing (studi kualitatif praktek crowdsourcing desain logo berbasis online) / Hana Gratia Apriliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Apriliani Hana Gratia. 2016. PersepsiDesainerLokalterhadapKompetisi Crowdsourcing (StudiKualitatifPraktek Crowdsourcing Desain Logo Berbasis Online) Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Rudi Irawanto S.Pd M.Sn (II) Andreas SyahPahlevi S.Sn M.Sn Kata kunci crowdsourcing desainer logo kompetisidesain Tujuandaripenelitianiniadalah (1) Untukmengetahuipersepsiparadesainer logo mengenaifenomenacrowdsourcing (2) Untukmengetahuiaspek-aspekpembentukpersepsiparadesainer logo mengenaikompetisicrowdsourcing. Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifdeskriptif. Sumber data dalampenelitianiniyaitu Informanataunarasumber yaituenambelasdesainer logo yang berdomisili di Malang Raya. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikwawancaramendalam (in depth interviewing) danstudidokumentasi. Teknikpengembanganvaliditas data yang digunakandalampenelitianiniadalahtriangulasi data yaitutriangulasiteoridanpengamat. Adapunteknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalah model analisisinteraktifmenurut Miles danHubberman yang memilikitigakomponenyaitu reduksi data penyajian data danpenarikankesimpulanatauverifikasi. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwa (1) Pengetahuanseorangdesainermengenai logo dan proses desaintidakdapatdiukurdarilatarbelakangpendidikannya. Walaupunseharusnyadesainerberlatarbelakangpendidikan formal lebihmampumenguasai namunsaatini media lainnyamampumenjadisumberbelajardesain. Pengetahuanmengenaicrowdsourcingbisadidapatkanmelaluiinformasidariteman pengalamanpribadimaupunbrowsing di internet. Situscrowdsourcingterbagiberdasarkanregistrasinya yaitudiujiterlebihdahuludantidak. Kompetisicrowdsourcingjugaterbagimenjadiopen contestdanblind contest. Dalammenentukanhargasebuah logo desainertidakdapatmenentukansecarapastikarenaadanyadarifaktordaridesainerdankliennya. Namunadanyafenomena hargateman danhargadalamnegerimenjadikeresahandesainersehinggahampirsemuatertarikdenganklienluarnegeridancrowdsourcingadalahalternatifnya. (2) Persepsidesainer logo sebagianbesar pro terhadapcrowdsourcingkarenadianggapmudah cepatdannyaman sedangkan yang kontramenganggapcrowdsourcingadalahancaman. Adapunberbagaifaktor internal yang lebihkuatdalammenentukanpersepsitersebut antara lain idealismedankebutuhan. Selainituperbedaannilaimatauangjugasalahsatufaktoreksternalnya. Padapraktekcrowdsourcing desainerseringkalimenoleransiadanyapelanggarankodeetikdesainer. (3) Perilakuataukebiasaandesainerdalamcrowdsourcingditentukanberbagaimotivasi antaralain berorientasipadapersonal branding portofolio finansial danada yang iseng-isengsaja. Motivasiberpengaruhterhadapintensitasberkompetisi. Sedangkandesainer yang kontramemilikimotivasijangkapanjangyaitumengedukasidesainerdanklienmengenai proses desain logo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14505 |
Actions (login required)
View Item |