Perancangan film dokumenter batik Druju sebagai media pengenalan batik khas Malang / Hindam Basith Rafiqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film dokumenter batik Druju sebagai media pengenalan batik khas Malang / Hindam Basith Rafiqi

Rafiqi, Hindam Basith (2017) Perancangan film dokumenter batik Druju sebagai media pengenalan batik khas Malang / Hindam Basith Rafiqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rafiqi Hindam Basith. 2016. Perancangan Film Dokumenter Batik Druju Sebagai Media Pengenalan Batik Khas Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc. Ph.D (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn. Kata Kunci Perancangan Film dokumenter Batik Druju Batik Drujuberasal dari Desa Druju Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Batik Druju berlokasi di dusun terpencil bernama Wonorejo di bawah perbukitan gunung kapur Malang Selatan yang membujur hingga pantai selatan Jawa. Suasana alam yang eksotis mendorong karya batik Druju menjadi masterpiece di dunia. Ditemukan beragam motif flora motif fauna motif sinar matahari dan pemandangan alam yang terinspirasi dari alam sekitar desa Druju. Ciri khas warna batik Druju cenderung mengkombinasikan warna-warna kontras banyak menggunakan unsur garis dan simetris dan identik dengan warna hitam pekat. Proses penciptaan desain batik menggunakan bahan utama sutera dan dikerjakan dengan teknik tulis dan cap. Ciri khas batik Druju juga terlihat dari corak-corak batik yang menyambung dari bagian depan ke bagian belakang. Motif batik Druju menyambung karena ditorehkan setelah kain dijahit menjadi pakaian. Dan batik Druju juga tidak akan membuka di tempat lain dikarenakan ingin membesarkan sendiri desa mereka. Keberadaan batik Druju masih kurang populer di masyarakat khususnya Malang halinimenggugahpenulisuntukmerancangsebuah film dokumenter yang menjelaskantentangasalusul cirikhas motif hinggakeunikan yang adapadabatik Druju. Perancangan ini dirancang dengan tujuan untuk mengenalkanasal usul batikDruju ciri khas motif dan keunikan batik Druju serta fungsi sosialnya kepada masyarakat sekitar yang belum banyak mengenal batik Druju. Perancangan ini menggunakan rancangan prosedural denganmenggariskan langkah-langkah yang harus diikuti dalam menghasilkan sebuah produk. Berdasarkan pengertian model diatas yaitu model yang dirancang harus dibuat dengan langkah-langkah dan bertahap. Tahapan tersebut terdiri dari tiga bagian yang lazim yaitu pra-produksi produksi dan pasca produksi. Perancanganinimenghasilkan film dokumenter yang merupakansalahsatu media efektifuntukmengenalkan batik Drujukepadamasyarakat. Diharapkandenganadanyaperancanganini masyarakat Indonesia bisalebihmenghargaidanikutsertadalammelestarikankeseniantradisional yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14501

Actions (login required)

View Item View Item