Perancangan geographical mapping wisata peternakan digital berbasis virtual reality / Dian Kurnia Pambudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan geographical mapping wisata peternakan digital berbasis virtual reality / Dian Kurnia Pambudi

Pambudi, Dian Kurnia (2017) Perancangan geographical mapping wisata peternakan digital berbasis virtual reality / Dian Kurnia Pambudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pambudi Dian Kurnia. 2016. Perancangan Geographical Mapping Wisata Peternakan Digital Berbasis Virtual Reality. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Andy Pramono S.Kom M.T. (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn M.Sn Kata Kunci Perancangan Wisata Digital Virtual Reality Peternakan. Peternakan di Indonesia merupakan potensi yang sangat besar baik dari hasil susu atau daging. Generasi-generasi kedepan sebaiknya melestarikan hal ini dan mengembangkan menjadi lebih baik. Wisata adalah salah satu cara mengenalkan hal-hal tersebut kepada anak-anak agar timbul ketertarikan sejak dini. Media wisata adalah faktor penunjang keberlangungan dan ketertarikan masyarakat terhadap sektor usaha ini namun untuk anak-anak akan terhambat oleh faktor keamanan mereka terhadap penyakit-penyakit hewan yang sangat kuat dan mudah menyebar. Wisata virtual adalah solusi untuk permasalahan tersebut. Wisata Virtual yang telah ada berupa foto-foto melalui blog video dan foto 360. Namun media-media yang ada tersebut dikhususkan untuk dewasa yang telah mampu mengakses dan memahami penggunaan media-media tersebut. Peternakan juga perlu dikenalkan kepada anak-anak agar mereka mengetahui proses dan pembagian wilayah apa saja yang ada di dalam peternakan sapi. Sehingga untuk mennyampaikan informasi peternakan ini membutuhkan media lain yang sesuai dan juga disukai anak-anak salah satunya adalah virtual reality. Konten dalam wisata digital melalui virtual reality kan menarik perhatian anak untuk berpetualang di dalamnya. Virtual reality yang menawarkan cara baru menikmati suasana ini ditambahkan dengan lingkungan animasi tiga dimensi dengan warna dan tekstur akan banyak disukai anak-anak. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif dimana menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti dalam menghasilkan sebuah produk dimana menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Bruce Archer. Langkah-langkah prosedural yang dilakukan dalam proses perancangan ini dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Perancangan ini menghasilkan wisata digital virtual reality yang menjelaskan pembagian-pembagian lokasi pada peternakan sapi perah yang perlu disampaikan kepada anak. Virtual reality ini berupa aplikasi android berformat .apk sebagai media utama sedangkan untuk media pendukung berupa augmented reality x-banner poster cover CD T-shirt dan stiker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14495

Actions (login required)

View Item View Item