Perbedaan pemahaman konsep rangkaian instalasi motor listrik karena pengaruh pendekatan deduktif dibandingkan induktif menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) pada siswa Kelas XI TITL SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Mochamad Fauzan Khalid - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pemahaman konsep rangkaian instalasi motor listrik karena pengaruh pendekatan deduktif dibandingkan induktif menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) pada siswa Kelas XI TITL SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Mochamad Fauzan Khalid

Khalid, Mochamad Fauzan (2020) Perbedaan pemahaman konsep rangkaian instalasi motor listrik karena pengaruh pendekatan deduktif dibandingkan induktif menggunakan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) pada siswa Kelas XI TITL SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Mochamad Fauzan Khalid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khalid Mochamad Fauzan. 2020. Perbedaan Pemahaman Konsep Rangkaian Instalasi Motor Listrik Karena Pengaruh Pendekatan Deduktif Dibandingkan Induktif Menggunakan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Pada Siswa Kelas XI TITL SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hari Putranto M.Pd. (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Pemahaman Konsep Model Predict-Observe-Explain (POE) Pendekatan Deduktif Pendekatan Induktif Usaha dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa menjadi salah satu perhatian khususnya pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Pemahaman konsep dasar harus dimiliki setiap siswa agar dapat mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pemahaman konsep rangkaian Instalasi Motor Listrik karena pengaruh pendekatan deduktif menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada siswa kelas XI TITL SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (2) mendeskripsikan pemahaman konsep rangkaian Instalasi Motor Listrik karena pengaruh Pendekatan Induktif menggunakan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada Siswa Kelas XI TITL SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (3) mengungkap perbedaan pemahaman konsep rangkaian Instalasi Motor Listirk karena pengaruh pendekatan deduktif dibandingkan induktif menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada siswa kelas XI TITL SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan pola Pretest-Posttest. Subyek pada penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Tahun Ajaran 2019/2020. Subyek penelitian terdiri satu kelas yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen yaitu kelompok A dan B. Kelompok A akan diberi perlakuan dengan menerapkan model POE dipadu dengan pendekatan deduktif. Sedangkan kelompok B diberi perlakuan dengan menerapkan model POE dipadu pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep pada kedua kelompok. Kelompok A memperoleh persentase paham konsep akhir sebesar 79% dengan nilai rata-rata akhir 81. Sedangkan kelompok B memperoleh 72% dengan nilai rata-rata akhir 73. Hasil uji N Gain Score menunjukkan bahwa kedua perlakuan memperoleh kategori cukup efekttif. Namun berdasarkan data di atas dapat dikatakan perlakuan yang diberikan pada kelompok eskperimen A lebih baik untuk meningkatkan pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pendekatan deduktif dipadu model POE dibandingkan dengan pendekatan induktif dipadu model POE. Perpaduan antara pendekatan deduktif dengan model POE lebih baik untuk meningkatkan pemahaman konsep dibandingkan pendekatan induktif dengan model POE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/144915

Actions (login required)

View Item View Item