Tingkat kesiapan calon guru millennial generations memasuki era revolusi industri 4.0 ditinjau dari techonological pedagogical content knowledge pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Khoirul Shahif Khoharudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat kesiapan calon guru millennial generations memasuki era revolusi industri 4.0 ditinjau dari techonological pedagogical content knowledge pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Khoirul Shahif Khoharudin

Khoharudin, Khoirul Shahif (2020) Tingkat kesiapan calon guru millennial generations memasuki era revolusi industri 4.0 ditinjau dari techonological pedagogical content knowledge pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang / Khoirul Shahif Khoharudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoharudin Khoirul Shahif. 2020. Tingkat Kesiapan Calon Guru Millennial Generations Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 Ditinjau Dari Technological Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Setiadi Cahyono Putro M.Pd (2) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom. Kata Kunci Calon Guru Millennial Generations Revolusi Industri 4.0 Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Berdasarkan data hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2018 yang diadakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan memaparkan bahwa hasil uji kompetensi guru nilai kompetensi guru masih belum sesuai target pemerintah. Guru merupakan sosok figur penting dalam penyelenggaraan pendidikan karena keberhasilan siswa didukung oleh peran seorang guru. Keberhasilan proses pembelajaran didukung oleh bagaimana kemampuan guru dalam merancang dan menyusun sebuah rancangan pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Mengingat kompetensi guru harus selaras dengan ilmu pengetahuan teknologi seni serta tuntutan masa depan maka penting bagi guru memiliki pemahaman dan kecakapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Salah satu kerangka kerja pembelajaran yang berfungsi untuk pengembangan kompetensi calon guru ataupun guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan calon guru millennial generations memasuki era revolusi industri 4.0 ditinjau dari Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur TPACK berupa angket kuesioner dan angket wawancara yang menggunakan skala likert dengan 5 skala. Angket tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji Reliabilitas sebesar 0 953. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang sejumlah 86 responden. Analisis penelitian ini disajikan berbagai ringkasan statistik yaitu persentase item rata-rata atau mean (M) nilai tengah atau median (Me) nilai yang sering muncul atau modus (Mo) dan standart deviasi (SD). Kriteria tingkat kesiapan berdasarkan analisis distribusi frekuensi. Hasil penelitian diketahui (1) Kecakapan TK berada pada kriteria baik dengan rata-rata 55 4 (2) Kecakapan PK berada pada kriteria baik dengan rata-rata 67 (3) Kecakapan CK berada pada kriteria sangat baik dengan rata-rata 31 (4) Kecakapan TCK berada pada kriteria baik dengan rata-rata 21 3 (5) Kecakapan PCK berada pada kriteria baik dengan rata-rata 50 (6) Kecakapan TPK berada pada kriteria baik dengan rata-rata 26 5 (7) Kecakapan TPACK berada pada kriteria baik dengan rata-rata 18 4. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat Tingkat Kesiapan Calon Guru Millennial Generations Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 Ditinjau Dari TPACK berada pada kriteria baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/144911

Actions (login required)

View Item View Item