Perbedaan motivasi, kreativitas, dan hasil belajar mata pelajaran jaringan komputer karena penerapan model pembelajaran berbasis project pada siswa kelas X jurusan TKJ di SMKN 1 Udanawu /Robien Okka Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi, kreativitas, dan hasil belajar mata pelajaran jaringan komputer karena penerapan model pembelajaran berbasis project pada siswa kelas X jurusan TKJ di SMKN 1 Udanawu /Robien Okka Saputra

Saputra, Robien Okka (2020) Perbedaan motivasi, kreativitas, dan hasil belajar mata pelajaran jaringan komputer karena penerapan model pembelajaran berbasis project pada siswa kelas X jurusan TKJ di SMKN 1 Udanawu /Robien Okka Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan SMK menghasilkan output yang pengetahuan dan keterampilan yang siap kerja. Pengetahuan dan keterampilan dapat dilihat dari hasil belajar. Pembelajaran di SMK khususnya materi jaringan dasar harus menekankan pada praktek langsung dan pembelajaran bermakna untuk pengalaman nyata kepada siswa. Namun dalam kenyataanya metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional sehingga hasil belajar dan motivasi belajar rendah khususnya di SMKN 1 Udanawu. Maka dari itu peneliti ingin menguji pengaruh metode pembelajaran berbasis project dalam rangka meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pemilihan metode ini tidak terlepas dari karateristik kegiatan pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah dan tugas-tugas bermakna lainnya memberi peluang siswa bekerja secara otonom mengkonstruksi belajar mereka sendiri dan menghasilkan produk karya siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa kelas X di SMKN 1 Udanawu 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa di SMKN 1 Udanawu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen yaitu peneliti meberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan dibandingkan dengan kelas kontrol. Populasi peneliti adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Udanawu dan sampelnya adalah kelas XA dan XB. Analisis data mengunakan uji beda (independent sample t-test. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap hasil belajar siswa jurusan TKJ kelas X mata pelajaran jaringan komputer i SMKN 1 Udanawu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/144881

Actions (login required)

View Item View Item