Perancangan buku "Visit Probolinggo" berbasis ilustrasi dalam upaya peningkatan minat wisatawan / Anisah Nurul Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku "Visit Probolinggo" berbasis ilustrasi dalam upaya peningkatan minat wisatawan / Anisah Nurul Hidayati

Hidayati, Anisah Nurul (2016) Perancangan buku "Visit Probolinggo" berbasis ilustrasi dalam upaya peningkatan minat wisatawan / Anisah Nurul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayati Anisah Nurul. 2016. Perancangan Buku Visit Probolinggo Berbasis Ilustrasi dalam Upaya Peningkatan Minat Wisatawan. Skripsi Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarjono M.Sn (II) Joko Samodra S.Kom M.T. Kata Kunci Perancangan Buku Wisata Ilustrasi Pariwisata Probolinggo Probolinggo merupakan salah satu wilayah yang memiliki keindahan pariwisata dan kearifan lokal yang masih terjaga. Terkenal dengan julukan Bayuangga yang merupakan singkatan dari kata bayu dan angga . Bayu menggambarkan angin Probolinggo dikenal sebagai wilayah yang memiliki intensitas angin yang cukup tinggi terutama bulan Juli hingga September. Angga merupakan singkatan dari kata anggur dan mangga. Probolinggo juga terkenal memiliki potensi alam terbesar sebagai penghasil buah anggur dan mangga manalagi yang terkenal di wilayah Jawa Timur. Selain potensi alam yang melimpah Probolinggo juga memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah indah dengan wilayah lainnya. Tujuan dari perancangan buku Visit Probolinggo sebagai media informasi wisata dan budaya dengan menampilkan informasi lengkap mengenai Probolinggo dalam bentuk verbal dan visual yang komunikatif. Perancangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dari metode Jonathan Sarwono dan Sanyoto. Tahapan perancangan menghasilkan produk berawal dari merumuskan latar belakang menetapkan tujuan perancangan mengumpulkan data yang dibutuhkan identifikasi dan analisis data sintesis menetapkan konsep perancangan media utama dan media pendukung dirancang secara sistematis dan melalui tahap perencanaan media dan perencanaan kreatif yang kemudian menghasilkan desain final. Hasil dari perancangan ini adalah buku yang memiliki judul Visit Probolinggo berbasis ilustrasi membahas tentang destinasi wisata budaya dan kuliner di Probolinggo. Buku wisata memiliki ukuran yaitu 20 cm x 20 cm dengan jumlah halaman yaitu 52 halaman penjilidan tipe hard cover laminasi dof dengan ketebalan buku sekitar 1 cm. Lalu terdapat media lain yang berbentuk promosi. Media promosi berupa poster x-banner online media booklet warisan sejarah Probolinggo dan leaflet. Media promosi berupa poster x-banner online media booklet warisan sejarah Probolinggo dan leaflet dapat dijadikan sebagai media untuk mempromosikan buku wisata Visit Probolinggo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14479

Actions (login required)

View Item View Item