Perancangan infografis dinamis tentang siaga bencana alamk gempa bumi untuk anak-anak / Sucha Aji Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan infografis dinamis tentang siaga bencana alamk gempa bumi untuk anak-anak / Sucha Aji Nugroho

Nugroho, Sucha Aji (2016) Perancangan infografis dinamis tentang siaga bencana alamk gempa bumi untuk anak-anak / Sucha Aji Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Sucha Aji. 2016. Perancangan Infografis Dinamis Tentang Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi Untuk Anak-anak. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Moch. Abdul Rohman S.Sn M.Sn. Pembimbing II Gunawan Susilo S.Sn M.Sn. Kata Kunci Infografis Dinamis Kesiapsiagaan Bencana alam Gempa Bumi. Bencana alam gempa bumi merupakan peristiwa alam yang diakibatkan karena pergesekan yang terjadi pada lempeng bumi. Bencana alam gempa bumi sendiri tidak dapat diprediksi kapan terjadinya sehingga dapat terjadi kapan saja dimana saja dan siapa saja tidak terkecuali adalah anak-anak. Bencana yang menimpa anak-anak dapat membuat dampak negatif bagi anak-anak seperti trauma yang akan sulit untuk dihilangkan. Kurangnya pendidikan tentang kesiapsiagaan bencana alam sejak usia dini membuat anak-anak kurang mengetahui informasi ketika terjadi bencana alam gempa bumi yang mengakibatkan banyak anak-anak yang menjadi korban bencana alam gempa bumi. Maka diperlukan adanya sebuah media yang menarik bagi anak-anak dalam menyampaikan pesan tentang kesiapsiagaan bencana alam gempa bumi sejak usia dini. Sehingga dengan adanya tayangan yang menarik tentang kesiapsiagaan bencana alam gempa bumi maka akan membuat anak-anak menjadi tertarik untuk melihatnya dan mendapatkan informasi tentang kesiapsiagaan bencana alam gempa bumi. Perancangan infografis dinamis ini menggunakan model perancangan prosedural yang menerangkan langkah-langkah yang urut dan rinci dalam pembuatan sebuah tayangan yang memiliki nilai dan pesan yang akan disampaikan kepada audience. Pesan yang disampaikan merupakan masalah yang telah diidentifikasi serta dianalisa berdasarkan dari masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Melalui proses analisa data didapatkan bahwa masalah yang dihadapi oleh masyarakat saat ini adalah kurangnya pengetahuan anak-anak tentang kesiapsiagaan bencana alam gempa bumi karena minimnya pendidikan tentang bencana alam. Proses perancangan dimulai dari tahap pra-produksi produksi dan pasca produksi. Dalam perancangan ini dihasilakan media utama berupa tayangan video berupa infografis dinamis berdurasi 2 menit yang berisi tentang kesiapsiagaan bencana alam gempa bumi untuk anak-anak sebagai media pembelajaran untuk mengetahui prosedur keselamatan ketika terjadi keadaan darurat bencana alam gempa bumi. Serta didukung dengan media pendukung seperti poster X-Banner dan juga papan permainan tentang siaga bencana alam gempa bumi untuk anak-anak. Oleh karena itu maka dibuatlah skripsi dengan judul Perancangan infografis Dinamis Tentang Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi Untuk Anak-anak .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14473

Actions (login required)

View Item View Item