Perancangan merchandise karakter Bhi, Nekka, Tongga, Leika dan Esa sebagai representasi intelectual property roh garuda / Fitri Anwar

Anwar, Fitri (2016) Perancangan merchandise karakter Bhi, Nekka, Tongga, Leika dan Esa sebagai representasi intelectual property roh garuda / Fitri Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anwar, Fitri. 2015. Perancangan MerchandiseKarakterBhi, Nekka, Tongga, Leika, danEsaSebagaiRepresentasiIntelectualPropertyRoh Garuda. Skripsi, Program StudiDesainKomunikasi Visual, JurusanSenidanDesain, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing:Drs.Sarjono,M.Sn., Andreas SyahPahlevi, S.Sn., M.Ds. Kata Kunci: Perancangan, Merchandise, IntelectualProperty, Roh Garuda. PopularCulturemerupakansoftpower yang mampumemengaruhibudayasebuahnegara.Roh Garuda adalahprodukintelectualproperty (ip)yang terinsipasidarilambang Garuda Pancasiladanmengangkatnilai-nilailuhur yang ada didalamnya,disertaicerita yang berbasisbudayalokal.Maka dari itu,Roh Garuda merupakansolusidaribanyaknyabudayaluar yang masukke Indonesia. Manfaat perancangan penelitian inidibedakanmenjadidua, yakni: (1) mengatasi masalah penerapan karakter Bhi, Nekka, Tongga, Leika, dan Esa pada merchandise sebagai representasi ip Roh Garuda, (2) memperkayainformasidankajianpustakabagipenulis, kepustakaanjurusan, sertabagigenerasi-generasiselanjutnyatentangperancanganmerchandise pada karakter ip. Model perancanganpenelitianinimenggunakan model perancangan yang dikemukakanolehSadijman.Model perancangantersebutdimodifikasisesuaidengankebutuhanperancangan merchandise karakteripRoh Garuda.Model perancanganini bersifat deskriptif, yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Secara umum, setelah dirumuskannya latar belakang masalah, diturunkan pada kajian data perancangan yang dibagi menjadi dua yakni data pustaka dan data lapangan. Dari data tersebut dianalisis dan disintesis yang dirumuskan menjadi data perancangan. Setelah itu, dilanjutkan dengan konsep perancangan yang dibagi dua yakni perancangan media dan perancangan kreatif. Dari perancangan divisualisasikan, lalu diekseskusi untuk menjadi produk perancangan. Media merchandise yang dirancangberupaaction figurekarakter, bonekagantungan, T-shirt, danblock note. Dari setiap media merchandise yang dirancangmenggunakanilustrasidarimasing-masingkarakterRoh Garuda, pembuatanilustrasikarakterberpedomanpadaartbookRoh Garuda. Media merchandiseaction figure berbahankayudengantinggi 9cm, danlebarmenyesuaikanmasing-masingkarakter. Bonekagantunganhanyamenggunakankepaladarimasing-masingkarakter, berbahankaindengan diameter 6cm. T-shirt menggunakanukuran M, L, dan XL denganilustrasisemuakarakterRoh Garuda di bagiandepan. Block note menggunkanhvsberukuran a5 denganilustrasisemuakarakterpadabagiandepandan logo padabagianbelakang. Produk-produktersebutdibuatbagiparapenggemarataukonsumendapatmemilikibentukfisikdariiptersebutsehinggakarakterRoh Garuda lebihmudahdikenaldandicintaiolehmasyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14472

Actions (login required)

View Item View Item