Perancangan buku esai fotografi objek wisata religi Kabupaten Gresik / Ahmad Zahroni Shofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku esai fotografi objek wisata religi Kabupaten Gresik / Ahmad Zahroni Shofi

Shofi, Ahmad Zahroni (2016) Perancangan buku esai fotografi objek wisata religi Kabupaten Gresik / Ahmad Zahroni Shofi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shofi Ahmad Zahroni. 2016. Perancangan Buku Esai Fotografi Objek Wisata ReligiKabupaten Gresik. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc Ph.D(II). Mohammad Sigit S.Sn. Kata Kunci Perancangan Buku Esai Fotografi Wisata Religi Kabupaten Gresik Kabupaten Gresik dikenal dengan sebutan kota wali. Hal ini ditandai dengan keberadaan berupa makam tokoh penyebar agama Islam yang terletak di beberapa wilayah Kabupaten Gresik. Namun kebanyakan wisatawan hanya mengenal objek wisata religi di Kabupaten Gresik hanya sebatas Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri saja. Sedangkan masih ada beberapa objek wisata religi yang kurang terekspos selama ini seperti makam Fathimah binti Maimun Raden Santri Nyai Ageng Pinatih Sunan Prapendan Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf. Minimnya informasi serta belum adanya media komunikasi visual yang membahas secara mendalam mengenai sejarah dan keberadaan beberapa objek wisata tersebut berimbas pada minimnya wisatawan yang berkunjung. Maka perlu kiranya diciptakan media komunikasi visual berupa buku esai fotografi yang memiliki kekuatan dalam memvisualisasikan sesuatu lebih kongkrit dan akurat sehingga tujuanperancangan dapat tercapai. Model perancangan yang digunakan adalah procedural dengan bentuk penelitian kualitatif yaitu model yang bersifat deskriptif. Model perancangan ini menjelaskan tahapan yang dilalui dalam proses perancangan media komunikasi visual. Tahapan tersebut meliputi kegiatan identifikasi masalah analisis data sintesa serta pengumpulan data perencanaan media perencanaan kreatif konsep kreatif perancangan tata desain dan desain final. Perancangan ini menghasilkan media utama berupa buku esai fotografi yang berjudul Napak Tilas Kota Para Wali beserta media pelengkap seperti T-shirt peta perjalanan totebag maupun media launching seperti poster dan x-banner. Buku ini diharapkan menjadi media komunikasi visual yang efektif untuk mempengaruhi target audience untuk turut serta menjaga dan melestarikan sejarah maupun cagar budaya seperti objek wisata religi di Kabupaten Gresik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14471

Actions (login required)

View Item View Item