Widodo, Wahyu Trio (2016) Perancangan iklan layanan masyarakat tentang perlindungan owa Jawa dari kepunahan / Wahyu Trio Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK TrioWidodo Wahyu.2016.Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Perlindungan Owa Jawa Dari Kepunahan. Skripsi Program Studi Desain komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch Abdul Rohman S.Sn M.Sn (II) Mohammad Sigit S.Sn. Kata Kunci Iklan Layanan Masyarakat Perlindungan Owa Jawa. Owa Jawa merupakan salah satu satwa endemik Indonesia yang berada di Jawa tengah dan Jawa Barat yang keberadaanya kini mengkawatirkan jumlah Owa Jawa terus berkurang karena habitat alaminya terus menyempit karena perluasan ladang pertanian oleh masyarakat perburuan liar pemeliharaan hingga penyelundupan. Owa Jawa juga termasuk satwa yang dilindungi di Indonesia berdasarkan peraturan perlindungan binatang liar tahun 1931 Nomor 266 Sk no.54 /kpts/um/1972 dan peraturan pemerintah No 7 tahun 1999. Namun meski undang-undang sudah ada tapi masih minim sosialisasi ataupun ajakan untuk menjaga kebaradaan Owa Jawa dari pemerintah maupun pihak swasta. Tujuan dari perancangan Iklan Layanan Masyarakat ini adalah untuk memberi informasi memfasilitasi serta mengajak masyarakat untuk ikut peran serta menjaga keberadaan Owa Jawa di habitat aslinya. Media yang digunakan untuk Kampanye perlindungan Owa Jawa terdiri dari dua media yaitu media utama dan media pendukung. Media utama meliputi logo vidio infografis booklet sedangkan media pendukung meliputi x-banner stiker pin poster aplikasi smartphone akun media social web dan t-shirt. Metode yang digunakan dalam perancangan Iklan Layanan ini terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan media perencanaan konsep kreatif dan perancangan media. Tahap perencanaan media meliputi tujuan dan strategi media. Tahap perencanaan konsep kreatif meliputi tujuan dan strategi kreatif. Tahap perancangan media meliputi pra-produksi dan produksi media yang digunakan (media utama dan media pendukung). Diperoleh kesimpulkan bahwa perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Perlindungan Owa Jawa dari Kepunahan menghasilkan beberapa media (logo video booklet) yang dapat menjadi media kampanye yang efektif efisien dan menarik dengan menggunakan tagline yaitu Peduli Sayangi Lindungi serta dengan media pendukung (x-banner stiker pin aplikasi smartphone akun media social web dan t-shirt.) yang dapat mendukung media utama agar dapat mempengaruhi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan Owa Jawa i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14470 |
Actions (login required)
View Item |