Perancangan Papertoys sebagai upaya pemanfaatan limbah kertas / Mochammad Geoffry Virgiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan Papertoys sebagai upaya pemanfaatan limbah kertas / Mochammad Geoffry Virgiawan

Virgiawan, Mochammad Geoffry (2016) Perancangan Papertoys sebagai upaya pemanfaatan limbah kertas / Mochammad Geoffry Virgiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Virgiawan Mochammad Geoffry 2016. Papertoys Sebagai Upaya Pemanfaatan Limbah Kertas. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarjono M.Sn (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn. Kata kunci papertoy limbah kertas. Limbah/sampah dapat menjadi masalah yang besar apabila tidak ditangani miasal yang paling banyak digunakan seperti menulis mencetak maupun membungkus sesuatu dan tentunya banyak dibuang dan menghasilkan limbah. Hal ini terlihat pada jumlah limbah kertas yang mencapai persentase 36% dari total keseluruhan sampah di bumi. Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan papertoys berbahan dasar limbah kertas yang dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi masalah limbah terutama limbah kertas. Perancangan papertoys ini menggunakan model prosedural. Lankah-langkah pengerjaan tersusun berurutan untuk menghasilkan produk yang efisien. Diawali daripengumpulan data dan penyusunan konsep (pra-produksi) diikuti dengan proses pembuatan karakter 3D modeling pola hingga perakitan papertoys (produksi) yang terakhir adalah penyempurnaan produk dan pembuatan produk pendukung (pasca produksi). Perancangan ini menghasilkan mainan kertas yang disebutpapertoys dengan menggunakan 100% bahan kertas limbah. Karakter yang digunakan adalah karakter kera dengan ciri khas tangan yang panjang tubuh dan kaki yang mungil. Diharapkan tercipta suatu kesadaran dan motivasi bagi masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan dan terus mengeksplorasi kreatifitas tanpa meninggalkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan namun gunakanlah limbah tersebut sebagai ajang kreasimu.Media promosi juga bibuat untuk mendukung produk papertoyseperti booklet yang berisi tutorial pembuatan x banner poster dan kemasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14467

Actions (login required)

View Item View Item