Perancangan multimedia unteraktif berhitung berbasis flash untuk anak 4-6 tahun / Arista Zul Khanafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan multimedia unteraktif berhitung berbasis flash untuk anak 4-6 tahun / Arista Zul Khanafi

Khanafi, Arista Zul (2016) Perancangan multimedia unteraktif berhitung berbasis flash untuk anak 4-6 tahun / Arista Zul Khanafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zul Khanafi Arista.2016 Perancangan Multimedia Interaktif Berhitung Berbasis Flash untuk Anak Usia 4-6 Tahun . Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch. Abdul Rahman S.Sn M.Sn. (II) Joko Samudro S.Kom M.T. Kata Kunci Perancangan Multimedia Interaktif Berhitung Flash Anak Usia 4-6 Tahun Berhitung merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk mempermudah dalam melakukan penjumlahan pengurangan pembagian perkalian dan mengukur suatu jumlah. Anak usia 4-6 Tahun kesulitan dalam proses berhitung dan menghafal angka karena adanya game dan pengaruh media yang tidak memberikan edukasi tentang berhitung oleh karena itu dibutuhkan media yang menarik tentang pengenalan angka dan berhitung untuk anak. Tujuan dari perancangan ini adalah agar anak usia dini mengenal angka dan dasar berhitung. Dengan adanya media diharapkan agar anak usia dini mampu mengenal angka dan dasar berhtiung. Model Perancangan yang di pakai adalah menggunakan model prosedural yang bersifat diskriptif. Berawal dari latar belakang permasalahan yang sedang terjadi di Taman Kanak-kanak tentang masih kurangnya pengetahuan anak usia dini tentang pengenalan angka dan dasar berhitung. Perancangan ini terdiri dari media utama yaitu DVD Aplikasi Bocah dari Masa Depan poster pin. Sticker kaos gantungan kunci Data Perancangan ini diperoleh dari pengumpulan data buku-buku website indikator guru dan wawancara. Multimedia interaktif merupakan salah satu tipe animasi buku digital yang didalamnya terkandung elemen-elemen visual seperti gambar suara animasi dan tombol interaksi yang digunakan oleh pengguna yang ditujukan pada anak usia 4-6 tahun. Memiliki 5 tahapan berhitung yaitu pengenalan menghitung penjumlahan pengurangan dan perbandingan. Ukuran layar dapat menyesuaikan perangkat keras. Perangkat lunak yang dipakai yaitu Adobe Flash CS5 sebagai alat coding dan animasi Sony Sound forge 7 sebagai alat edit suara. Bentuk akhir dari Multimedia Interkatif ini berupa kepingan DVD dengan format APK. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14452

Actions (login required)

View Item View Item