Perancangan film animasi 3D kisah Punokawan tentang Kejujuran dan Budi Pekerti / Nova Rianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film animasi 3D kisah Punokawan tentang Kejujuran dan Budi Pekerti / Nova Rianto

Rianto, Nova (2016) Perancangan film animasi 3D kisah Punokawan tentang Kejujuran dan Budi Pekerti / Nova Rianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rianto Nova. 2015. Perancangan Animasi 3D Kisah Punokawan Tentang Kejujuran dan Budi Pekerti. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Drs. Triyono Widodo M.Sn (II). Gunawan Susilo S.Sn M.Sn Kata Kunci perancangan film animasi 3D punokawan kejujuran budi pekerti. Dikalangan masyarakat Jawa wayang merupakan pertunjukan seni yang begitu populer dengan berbagai lakon/cerita. Banyak segi positif yang bisa diambil dalam kegiatan pertunjukannya sendiri seperti sebagai wadah interaksi antar masyarakat memberikan sebuah ruang bersosialisasi untuk menjalin silaturahmi sekaligus media pembelajaran moral seni religi budi pekerti dan masih banyak aspek-aspek positif lainnya. Namun sangat disayangkan seiring berjalannya waktu tokoh-tokoh tersebut mulai dilupakan oleh anak-anak generasi sekarang. Kebanyakan anak-anak sekarang lebih mengetahui dan menyukai tokoh-tokoh kartun dari luar negeri yang terkadang tidak sesuai dengan norma dan budaya bangsa. Oleh karena itu dibutuhkan rancangan berupa film animasi 3D yang mengisahkan tokoh punokawan dengan tujuan dapat melestarikan kembali kebudayaan asli bangsa Indonesia. Dengan mengangkat tema moral budi pekerti dan kejujuran diharapkan akan ada dampak positif yang diperoleh target audience yaitu anak SD usia 7-12 tahun. Perancangan film animasi 3D kisah punokawan tentang kejujuran dan budi pekerti ini menggunakan model perancangan prosedural yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif menggambarkan langkah-langkah yang sistematis terstruktur berurutan dan logis. Sistematika perancangan yang digunakan adalah model pipeline animasi 3D Isaac Kerlow. Dengan pembagian sistem kerja yang terdiri dari pra-produksi produksi dan paska-produksi. Hasil perancangan adalah media utama berupa film animasi berdurasi 10 menit dengan media pendukung berupa elemen visual yang berfungsi untuk menarik minat audiens ketika film animasi disebarluaskan. Seperti pada saat pameran sehingga akan lebih menunjang media utama untuk dipromosikan secara luas. Diharapkan nantinya film animasi 3D kisah punokawan tentang kejujuran dan budi pekerti ini dapat menjadi salah satu media yang dapat meningkatkan penerapan bersikap jujur dan budi pekerti pada anak usia sekolah dasar sekaligus sebagai media pengenalan tokoh wayang yaitu punokawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14450

Actions (login required)

View Item View Item