Perancangan buku interaktif berbasis permainan tentang bumi dan isinya untuk anak-anak / Ella Merry Rusdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku interaktif berbasis permainan tentang bumi dan isinya untuk anak-anak / Ella Merry Rusdiana

Rusdiana, Ella Merry (2016) Perancangan buku interaktif berbasis permainan tentang bumi dan isinya untuk anak-anak / Ella Merry Rusdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Merry Rusdiana Ella. 2015. Perancangan Buku Interaktif Berbasis Permainan Tentang Bumi dan Isinya Untuk Anak-anak.Skripsi Program Studi DesainKomunikasi Visual Jurusan SenidanDesain Fakultas Sastra. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs Sumarwahyudi M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn M.Sn Kata kunci Perancangan Buku Interaktif Permainan Bumi dan Isinya Anak-anak Memperkenalkankeberadaanbumibesertaisinyakepadaanak-anakdapatmengarahkanpadapemahaman yang benardanilmiahtentangciptaanTuhan yang MahaEsa.MateritentangBumidanisinyaberisiajakanatausosialisasikepadaanak-anakuntukbelajarmelindungidanmenjagaBumi.Pengetahuantentangbumibiasanyamulaidandiperolehanaksaatmemasukisekolahdasar.Tetapi proses pembelajaran di sekolah yang minim materisertakurangnyaperanananakmembuatminatbelajaranak di sekolahkurangdalammemahamimateripelajaran. Demi mengatasimasalahtersebutperluadanya media pendukungpembelajarandiluarsekolah yang dapatmembantuanakdalammemahamimaterisertamenambahwawasantentangmateribumidanisinya. Dipilihnya media bukudisiniberperanuntukmengembalikanlagiposisibukusebagai media edukatif yang dapatmembantumengasahkerterampilanberbahasaanakdalammenyimak berbicara membaca danmenulis. Tujuanperancanganadalahmenghasilkanprodukdesainkomunikasi visual berupabukuinteraktifberbasispermainantentangbumidanisinyauntukanak-anaksebagai media pendukungpembelajaran di luarsekolah. Model perancangan yang digunakandalamskripsiinimenggunakan model prosedural yang menggunakanlangkah-langkahsistematis terstruktur berurutandanlogisuntukmenghasilkanproduk. Menggunakan penelitian deskriptif kualintatif. Data diperoleh dari wawancara dan observasi. Proses visualisasi secara digital dilakukan dengan menggunakan software Adobe Ilustrator Cs6 dan Adobe Photoshop Cs6. Hasilperancangan media initerdiridari media utamadan media pendukung.Media utamaberupabuku interaktif berbasis permainan tentang bumi dan isinya untuk anak-anak.Interaktif berbasis permainan pada buku ini didapat dari aktivitas memasang puzzle mewarnai menarik garis pop-up flip flap menempel. Terdiridari 40 halamanisidan 2 halaman cover. Sedangkan media pendukungberupa X-banner poster kaos totebag bantal notebook pin danstiker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14442

Actions (login required)

View Item View Item