Perancangan film animasi dua dimensi berbasis cerita rakyat Kalimantan Barat untuk pendidikan karakter anak usia sekolah dasar / Marcellinus Dimas Prabowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film animasi dua dimensi berbasis cerita rakyat Kalimantan Barat untuk pendidikan karakter anak usia sekolah dasar / Marcellinus Dimas Prabowo

Prabowo, Marcellinus Dimas (2016) Perancangan film animasi dua dimensi berbasis cerita rakyat Kalimantan Barat untuk pendidikan karakter anak usia sekolah dasar / Marcellinus Dimas Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabowo D.Marcellinus. 2015. PerancanganFilm AnimasiDuaDimensiBerbasisCerita Rakyat Kalimantan Barat untukPendidikanKarakterAnakUsiaSekolahDasar. Skripsi Program StudiDesainKomunikasi Visual JurusanSenidanDesain FakultasSastra. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. MoeljadiPranata M.Pd (II) HeppyJundanHendrawan S.Sn M.Ds Kata Kunci Perancangan Film Animasi Cerita Rakyat Kalimantan Barat PendidkanKarakterAnakUsiaSekolahDasar Salah satu langkah nyata yang bisa dilakukan untuk mewujudkan Indonesia Emas adalah dengan mengembangkan pendidikan yang berbasis karakter di jenjang sekolah dasar.Penerapanpendidikanberbasis karakterdapatditerapkanpadaanak jenjangsekolahdasardenganmengangkatdanmengenalkancerita-ceritarakyat Indonesia yang dinilai memiliki pesan moral yang dapat membawa dampak yang positif bagi perkembangan karakter anak.CeritarakyatBatuMenangis yang berasaldaridaerah Kalimantan Barat adalahceritarakyat yang dapatmendukungpembentukankarakteranak.Tujuanperancangan film animasi yang mengangkatceritarakyatBatuMenangisadalahuntukmenghasilkanprodukberupa film animasiyang dapatmenyampaikandanmenumbuhkanpesan moral yaknimenghormatidanmenghargaiorangtuadengankonsep desain danalurcerita yang menariksehinggabisadipahamioleh target audience. Perancanganinimenggunakanperancangan prosedural yangmenggariskanlangkah-langkah yang harusdiikutiuntukmenghasilkanproduk.Perancanganinimenggunakan model 4D terdiriatas 4 tahapanyaitudefine data designdandisseminatte. Hasilperancanganberupafilm animasi 2 dimensiberjudul LitadanBatuMenangis yang berceritatentanghubunganibudananak yang berlatarbelakangceritarakyat Kalimantan Barat.Perancangan ini menghasilkan 2 jenis produk yakni produk utamaberupa film denganspesifikasianimasi 2 dimensi yang dikerjakan dengan piranti lunak komputer menggunakan Adobe Flash CS3 (pembuatan elemen grafisdananimasi) Nuendo 6 (perangkaian video) Adobe Photoshop CS3(pemberian efek visual)berdurasi 5 menit danproduk mediapendukungyang berupa art book poster x-banner pembatas buku stiker gantungan kunci cd label cd chase. Perancangan film animasi LitadanBatuMenangis bergunauntuk membentuk karakter anak bangsa yaitu menumbuhkan rasa hormatanak kepadaorangtua.Perancangan ini di desain menurut pendekatan pemecahan masalah bukan pendekatan kreatif atau estetik yang menjadi kelebihan dari karya ini. Perancanganinimasihperluadanyapengembangantindaklanjutkarenatanpamelalui proses ujicobadanvalidasiprodukdanmasihbanyakkekurangan yang perludisempurnakanlagi.Perancanganinidiharapkandapatdigunakanolehlembaga mahasiswa program studiDesainKomunikasi Visual maupunseluruhcivitas academia UniversitasNegeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

View Item View Item