Perancangan media komunikasi visual anti rasis untuk Aremania / Achmad Nur Rofi'sam - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media komunikasi visual anti rasis untuk Aremania / Achmad Nur Rofi'sam

Rofi'sam, Achmad Nur (2016) Perancangan media komunikasi visual anti rasis untuk Aremania / Achmad Nur Rofi'sam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sam Achmad Nur Rofi . 2015. Perancangan Media Komunikasi Visual Anti Rasis Untuk Aremania.Skripsi Desain Komunikasi Visual Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hariyanto M.Hum. Pembimbing (2) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd Kata kunci Perancangan Media Komunikasi Visual Anti Rasis. Kegiatan membuat Media Komunikasi Visual merupakan langkah awal untuk melakukan sebuah sosialisasiyang dilakukan Arema untuk menanggulangi rasisme yang dilakukan Aremania adanya media ini digunakan sebagai media sosialisasi yang dilakukan. Media komunikasi visual ini tidak sekedar menjadi bahan sosialisasi saja melainkan sebuah strategi dalam memperkenalkan sosialisasi yang dilakukan Arema. AREMANIA adalah salah satu contoh suporter terbaik di Indonesia dengan berbagai kreatifitasnya yang sangat memukau banyak pihak masih ada saja beberapa oknum Aremania yang melakukan tindakan rasis di stadion maupun di jalanan umum hal itu sangat merugikan Arema dan masyarakat umum. Oleh karena itu Arema akan melakukan segala upaya agar tindakan rasis Aremania tidak terjadi lagi Arema menyadari diperlukan sebuah media komunikasi visual sebagai bentuk sosialisasi terhadap Arema. Sehingga disaat yang bersamaan penulisa berkesempatan merancang Media Komunikasi Visual Anti Rasis untuk Aremania. Model perancangan prosedural yang bersifat deskriptif adalah model yang digunakan untuk merancangan media ini pola dasar perancangan Sadjiman Ebdi Sanyoto yang telah dimodifikasi penulis disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lapangan. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan identifikasi data lapangan.Media yang dihasilkan dalam perancangan ini antara lainperancangan website poster berseri dan beberapa media pendukung. Ide besar konsep perancangan ini adalah rasisme adalah tindakan yang tidak mendidik bagi Aremania yang masih berusia dini dan tidak semua kendaraan plat L adalah bonekmania . Dengan Konsep tata desain modern dan simple teknik berbasis vektor dan fotografi. Hasil dari perancangan ini adalah terciptanya media komunikasi visual yang representatif yang diharapkan mampu menjadi sarana komunikasi visual untuk mendukung upaya Arema dalam memerangi rasime yang terjadi di kalangan Aremania dan memberi kesan bahwa Aremania itu adalah suporter terbaik anti rasis dan cinta damai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14420

Actions (login required)

View Item View Item