Perancangan buku pop up tentang Satwa Langka Taman Nasional Baluran sebagai upaya pengenalan konservasi / Danang Norma Prasetya

Prasetya, Danang Norma (2016) Perancangan buku pop up tentang Satwa Langka Taman Nasional Baluran sebagai upaya pengenalan konservasi / Danang Norma Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetya, Danang,Norma. 2015. PerancanganBukuPop Up Tentang Satwa Langka Taman Nasional Baluran Sebagai Upaya Pengenalan Konservasi.Skripsi Program StudiDesainKomunikasi Visual, JurusanSenidanDesain, FakultasSastra. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: (I)Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc, Ph.D. (II) Gunawan Susilo, S.Sn, M.Sn. Kata Kunci: BukuPop Up, fauna langka, konservasi, taman nasional baluran Beberapatahuniniperkembanganbukuceritabergambaruntukanaksangatpesatdenganberbagaijenisdanbentuknya.Bukuceritabergambardengan model pop upmenjadibagian yang takterpisahkanbagianak-anak.Namuntidakbanyakbukupop up yang digunakan sebagai media konservasi, padahalhalinisangatpentinguntukmenumbuhkankesadaranterhadapkelestarianflora dan fauna langka di Indonesia,sertameningkatkanminatbacaanak. Tujuandariperancanganiniadalahuntukmenghasilkanbukupop upsebagaisaranapengenalansatwalangka yang dilindungi di Taman Nasional Baluran.Perancanganinimenggunakan model perancanganprosedural yang menggariskanlangkah-langkahuntukmenghasilkanproduk, diawalidenganlatar belakang, pengidentifikasian tujuan, dilanjutkan dengan pengumpulan data, perancangan konsep hingga pembuatan karya final.Data-data yang menjadiacuanadalah data yang bersumberdarihasil survey danberbagaimacambukuliteratur. Hasil dari perancangan ini berupa buku pop up satwa langka taman nasional baluran dengan format vector dalam ukuran buku29,7x 21 cm. Merancangsebuahbukupop-upsebaiknyamemperhatikanvisualisasi yang unikdanalur yang berurutan agar pesan yang disampaikandapatditerimadenganbaikolehanak-anak. Dalam kaitannya mengenai perancangan buku pop-up untuk anak, seorang desainer komunikasi visual harus mengetahui dan peka terhadap segala sesuatu yang diminati anak agar hasil perancangan sesuai dengan yang diinginkan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item