Febriyanti, Tenti (2016) Visualisasi media buku cerita bergambar Legenda Asal Mula Nama Probolinggo / Tenti Febriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Febriyanti Tenti. 2015. VisualisasiMediaBukuCeritaBergambarLegendaAsalMulaNamaProbolinggo.Skripsi Program StudiDesainKomunikasi Visual JurusanSenidanDesain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Rudi Irawanto S.Pd M.Sn. (2) Mohammad Sigit S.Sn. Kata Kunci Buku Cerita Bergambar Visualisasi Legenda Kota Probolinggo. Buku cerita bergambar saat ini telah banyak diterbitkan dengan berbagai macam tema isi. Bahkan cergam saat ini sudah dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Kebanyakan cerita bergambar mayoritas mengangkat tentang kisah tokoh Barat seperti kisah Cinderella Pinokio Rapunzel dll. Masih sedikit yang mengangkat konten legenda lokal Indonesia khususnya di Probolinggo Jawa Timur. Kuatitatif Buku yang menceritakan atau menjelaskan legenda kota Probolinggo pun tidak begitu banyak serta kondisinya sulit untuk ditemukan pada toko buku di kota Probolinggo. Namun dari cergam tersebut khusus diperuntukkan untuk anak tingkat sekolah dasar hingga orang dewasa atau orang yang memiliki tingkat literisasi yang tinggi sedangkan buku legenda kota Probolinggo yang diperuntukkan untuk usia dini belum ada dalam jumlah yang banyak.Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif dimana menggariskan langkah-langkah yang diikuti dalam menghasilkan sebuah produk yang menggunakan prosedur Pranata 4D.Langkah-langkah prosedural yang dilakukan dalam proses perancangan ini dengan pengumpulan data melalui data pustaka dan kuisioner.Perancangan ini menghasilkan buku cerita bergambar tentang legenda asal mula nama Probolinggo dengan ilustrasi kartun chibi berdimensi 20 5x20 5 cm dengan ketebalan 28 halaman dan berisi mengenai legenda perubahan nama Banger menjadi Probolinggo secara singkat.Melalui hasil dari perancangan ini memberikan tampilan cergam dan media lain dari sebuah buku legenda asal usul nama Probolinggo sehingga media cergam sebagai strategi mempengaruhi anak untuk suka membacadan belajar memahami legenda Probolinggo. Selain itu juga untuk menanamkan rasa cinta pada kota Probolinggo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14411 |
Actions (login required)
View Item |