Akbar, Akhmad Zakaria (2010) Pengembangan metode online learning mata kuliah komputer pembelajaran (TEP 430) Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Akhmad Zakaria Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Metode Online Learning Metode Online learning dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang menggunakan media komputer untuk berinteraksi dengan dosen Pembina matakuliah atau pembelajaran yang tanpa dihadiri oleh dosen pembinanya sehingga siswa dapat belajar dari materi yang yang telah disajikan dalam komputer. Mahasiswa tinggal mempelajarinya sendiri dan mengakses matakuliah sendiri. Peran komputer bisa sebagai media dalam penyampaian pesan pembelajaran. Pengembang melihat kondisi pada saat belajar di kelas perkuliahan materi masih menggunakan metode diskusi tanya jawab dan ceramah dari pembelajar. Tingkat keefektifan pebelajar dalam hal bertanya menjawab pertanyaan menggungkapkan ide gagasan menganalisis suatu masalah dan proses pembelajaran lainnya menurut pengembang kurang efektif dan karena Komputer Pembelajaran (TEP 430) merupakan pelajaran yang berhubungan dengan Komputer yang melibatkan perangkat lunak Soft ware dan perangkat keras hard ware sehingga tidak memungkinkan bagi mahasiswa untuk menggunakan media cetak saja untuk mengembangkan imajinasinya. pengembang bermaksud mengembangkan media pembelajaran alternatif yang dapat di akses oleh mahasiswa dalam bentuk online learning dan dengan tingkat kemenarikan tinggi untuk penguasaan konsep yang memuat strategi pembelajaran individual pada mata kuliah kompute pembelajaran di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media online learning untuk tujuan menguasaan konsep yang menggunakan strategi pembelajaran individual dan memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi pada mata kuliah komputer pembelajaran di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Media pembelajaran interaktif ini divalidasi oleh ahli materi sebanyak 1 orang ahli media sebanyak 1 orang dan audiens siswa sebanyak 20 orang. Setelah dianalisis media pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 86 6% ahli materi 85% dan siswa individual 89% serta siswa kelompok kecil 81%. Hal ini menunjukkan metode Online Learning cukup dapat memberikan efek positif terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa secara menyeluruh maka dapat disimpulkan bahwa Online Learning sangat efektif digunakan dalam pembelajaran siswa. ix Kesimpulan lain yang dapat disarikan adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara metode Online Learning dan metode belajar yang lainnya seperti ceramah serta memberikan kontribusi bahwa belajar dengan mengunakan metode Online Learning lebih baik dalam rangka upaya meningkatkan hasil belajar sikap dan perilaku belajar siswa serta situasi belajar yang kondusif pada matakuliah Komputer Pembelajaran (TEP 430). Berdasarkan hasil penelitian ini disaran bagi pihak Kepala Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang serta Universitas Negeri Malang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengadaan sumber belajar di kelas perkuliahan karena telah terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa serta membentuk sikap dan perilaku belajar siswa dalam rangka situasi belajar yang kondusif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/144 |
Actions (login required)
View Item |