Perancangan ensiklopedia buah dan sayur untuk anak-anak sekolah dasar kelas 4-6 / Rosika Ngagelina - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan ensiklopedia buah dan sayur untuk anak-anak sekolah dasar kelas 4-6 / Rosika Ngagelina

Ngagelina, Rosika (2016) Perancangan ensiklopedia buah dan sayur untuk anak-anak sekolah dasar kelas 4-6 / Rosika Ngagelina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ngagelina Rosika. 2015 Perancangan Ensiklopedia Buah dan Sayur untuk Anak-Anak Sekolah Dasar Kelas 4-6. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Lilik Indrawati M.Pd (II) Mohamad Sigit S.Sn. Kata Kunci Perancangan Ensiklopedia Buah dan Sayur Anak-Anak Sekolah Dasar Buah dan sayur merupakan sumber vitamin mineral dan karbohidrat yang kaya akan gizi penting yang berperan dalam proses pertumbuhan anak-anak. Tetapi anak-anak pada umumnya tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur karena mereka kurang mengenal rasa dan manfaat dari buah dan sayur tersebut. Di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali buah dan sayur yang dekat dengan anak-anak namun tidak memungkiri jika buah dan sayur yang tidak ada di Indonesia juga perlu dikenalkan untuk menambah pengetahuan anak-anak. Buah dan sayur tersebut diurutkan berdasarkan abjad (A-Z) untuk mempermudah anak-anak mengenal buah dan sayur berdasarkan alfabet karena beberapa ensiklopedia yang ada untuk anak-anak sangat kurang dalam membahas buah dan sayur. Perancangan ini bertujuan mengenalkan buah dan sayur yang ada di Indonesia dan beberapa buah dan sayur dari negara lain yang tidak ada di Indonesia. Buah dan sayur dalam ensiklopedia ini divisualkan dalam bentuk ikonik yang mempermudah anak-anak untuk menerima pesan secara visual dalam bentuk yang sederhana yang memberikan beragam informasi mengenai buah dan sayur hingga manfaat buah dan sayur bagi kesehatan dan proses pertumbuhan anak-anak. Perancangan ini menggunakan metode prosedural dari model perancangan Yongki Safanayong dan Sadjiman Ebdi Sanyoto yang dimodifikasi penulis sesuai dengan kebutuhan dengan menggariskan langkah-langkah untuk menghasilkan produk yang diawali dengan latar belakang rumusan masalah identifikasi data analisa perancangan media konsep desain tata layout dan desain final. Dari perancangan ini dihasilkan media utama berupa Buku Ensiklopedia Buah dan Sayur di Indonesia yang memberikan informasi buah dan sayur dengan lengkap sebagai media penyampaian pesan bahwa pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur. Media pendukung dari peracangan ini adalah X-Banner poster brosur mug totebag T-Shirt bookmarks gantungan kunci pin dan magnet kulkas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14399

Actions (login required)

View Item View Item