Perancangan film animasi 3 dimensi tentang peningkatan kreativitas anak melalui pemanfaatan barang bekas / Sultan Jawi Jaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film animasi 3 dimensi tentang peningkatan kreativitas anak melalui pemanfaatan barang bekas / Sultan Jawi Jaya

Jaya, Sultan Jawi (2016) Perancangan film animasi 3 dimensi tentang peningkatan kreativitas anak melalui pemanfaatan barang bekas / Sultan Jawi Jaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jaya Sultan Jawi. 2015. Perancangan Animasi 3 Dimensi Tentang Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Daur Ulang Sampah. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (II) Mitra Istiar Wardhana S.Kom M.T. Kata kunci animasi 3 dimensi peningkatankreativitas pemanfaatan daur ulang. Sebagaiupayamenyediakantayangan yang layak untuk anak-anak yang dapatmenjadisaranabereksplorasidanbelajarmemanfaatkan bahan bekas makadibuatlahperancangan film animasi.Tema yang diambilmerupakankreativitas dengan kreativitas itu konsep pemanfaatan barang bekas dilakukan.Tujuan dari perancangan film animasi ini yaitu menghasilkan film animasi tentangpeningkatan kreativitas anak melalui pemanfaatan bahan bekas. Perancangan film animasi ini menggunakan model4D langkah-langkah model ini adalah define data design dan disseminate.Model 4D merupakan salah satu model perancangan prosedural. Model tersebut menggambarkan tahapan langkah-langkah kerja secara prosedural. Pada tahap define dilakukan penetapan dan batasan perancangan. Pada tahap data dilakukan eksplorasi data referensi dan lapangan untuk dianalisis sintesis upaya ini sebagai dasar penentuan konsep perancangan. Pada tahap design dilakukan perancangan film animasi berdasarkan konsep yang telah ditentukan. Pada tahap disseminate dilakukan kegiatan pameran hasil perancangan dan penulisan artikel untuk jurnal ilmiah. Perancangan ini menghasilkan film animasi berjudul Kejuaraan Kreativitas dengan konsep yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui pemanfaatan daur ulang yangberdurasi 9 14 menit. Spesifikasi film animasi sebagai berikut (a)Film animasi 3 dimensi(b) Gaya visual kartunis (c) Teknik CG (Computer Grafik)(d) Bahasa Indonesia (e)sofwareyang digunakan Blender(modeling dan animasi) Adobe Premier (sound dan editing) dan Adobe After Effect (penambahan visual effect). Untuk mendukung perancangan maka dibutuhkan produk pendukung x-banner note book poster jam kaos label CD dan gantungan kunci. Berdasarkanhasilperancangandapatdisimpulkanbahwasebelummerancanganimasidiperlukan research sebagaisumber data dalamperancangan.Research yang dilakukanterkaitdenganpermasalahan yang ingindiselesaikandan target audience.Denganmelakukanresearch memudahkankitadalammembuatperancanganuntukmenyelesaikanpermasalahan yang ada.Dalammengerjakananimasi terlebihdahulumembuatpipelineanimasi.Denganpipelineanimasi pengerjaananimasimenjadisistematis.Film animasiinitidak dikerjakan secara team namun dikerjakan secara perorangan selama 1 bulan sehinggahasilanimasikurangmaksimal. Hasilperancangananimasiinibelumdiujicobakansehinggatingkatkeberhasilannyabelumdapatdipastikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item