Perancangan film dokumenter "Di Balik Awan Tengger" sebagai upaya melestarikan budaya Tengger / Yogi Widya Saka Warsaa - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film dokumenter "Di Balik Awan Tengger" sebagai upaya melestarikan budaya Tengger / Yogi Widya Saka Warsaa

Warsaa, Yogi Widya Saka (2016) Perancangan film dokumenter "Di Balik Awan Tengger" sebagai upaya melestarikan budaya Tengger / Yogi Widya Saka Warsaa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Warsa Yogi W. 2015. PerancanganFilmDokumenterDibalik Awan Tengger SebagaiUpayaMelestarikanBudayaTengger.Skripsi JurusanSenidan Desain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I)Drs. SugiyonoArdjaka M.Sc Ph.D (II)GunawanSusilo S.Sn M.Sn. Kata Kunci Film dokumenter Upacara Tawur Agung Kesanga. Suku Tengger adalah masyarakat yang berpegang teguh pada adat-istiadat dan budaya secara turun-temurun. Masyarakat Tengger kaya akan upacara baik upacara agama maupun upacara adat salah satunya adalah upacara Tawur Agung Kesanga. Upacara ini adalah bagian dari rangkaian upacara Hari Suci Nyepi bagi masyarakat Hindu. Melestarikan alam sebagai tujuan utama upacara Tawur Agung Kesanga tentunya merupakan tuntutan hidup masa kini dan yang akan datang. Bhuta Yaj a (Tawur Agung Kesanga) mempunyai arti dan makna untuk memotivasi manusia secara ritual dan spiritual agar alam senantiasa menjadi sumber kehidupan. Tawur Agung Kesanga juga berarti menetralisir alam dan melepaskan sifat-sifat serakah yang melekat pada diri manusia. Sebagian besar orang di luar wilayah Tenggerbanyak yang masih belum mengerti makna dan tujuan diadakannya upacara Tawur Agung Kesanga. Maka dibutuhkan media komunikasi visual yang mampu menyampaikan informasi yang bersifat komunikatif yaitu berupa film dokumenter. Metode perancangan yang digunakan adalah model prosedural yang bersifat deskriptif. Melalui tiga tahap produksi yaitu pra-produksi meliputi riset penentuan ide penulisan skrip dan pembuatan naskah produksi. Tahap produksi meliputi perekaman video beserta suara. Pasca produksi meliputi editing dan promosi media kepada masyarakat. Perancangan ini menghasilkan film dokumenter berjudul Dibalik Awan Tengger yang berdurasi 24 menit 16 detik menceritakan secara rinci tentang proses berlangsungnya upacara Tawur Agung Kesanga yang dilaksanakan di Tengger Kabupaten Pasuruan. Film dokumenter ini diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang Upacara Tawur Agung Kesanga dan dapat mewujudkan kelestarian salah satu budaya Indonesia yang kita miliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14394

Actions (login required)

View Item View Item