Perancangan diorama dan animasi 3D dengan teknologi augmented reality mengenai pengenalan rambu lalu lintas / Prima Efendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan diorama dan animasi 3D dengan teknologi augmented reality mengenai pengenalan rambu lalu lintas / Prima Efendi

Efendi, Prima (2016) Perancangan diorama dan animasi 3D dengan teknologi augmented reality mengenai pengenalan rambu lalu lintas / Prima Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Efendi Prima. 2015. Perancangan Diorama dan Animasi 3D dengan Teknologi Augmented Reality mengenai Pengenalan Rambu Lalu Lintas. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Andy Pramono S.Kom M.T (II) Mitra Istiar Wardhana S.Kom M.T Kata Kunci Diorama Animasi 3D Augmented Reality Rambu Lalu Lintas Angka kecelakaan di Kota Malang dari tahun ke tahun terus meningkat. Faktor manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam terjadinya kecelakaan. Maka pengenalan rambu-rambu lalu lintas harus dilakukan sejak masih anak-anak. Polresta Kota Malang bagian unit Dikyasa mempunyai program sosialisasi untuk anak yang di sebut Polsanak. Polsanak dalam mengenalkan rambu lalu lintas masih menggunakan alat peraga tetapi menggunakan alat peraga belum bisa memberikan simulasi keadaan saat rambu tersebut digunakan dan proses sosialisasi yang yang kurang memberikan ketertarikan anak untuk mengenal rambu proses sosialisasi yang bersifat monoton. Dari permasalahan tersebut Polsanak Kota Malang membutuhkan media pendukung. Solusi pemecahan masalah dapat terpecahkan melalui karya Perancangan diorama dan animasi 3D dengan teknologi Augmented Reality mengenai pengenalan rambu lalu lintas . Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan media diorama dan animasi 3D dengan teknologi Augmented Reality mengenai pengenalan rambu lalu lintas. Perancangan ini menggunakan metode John Christopher Jones dengan model perancangan prosedural yang bersifat deskriptif dan dimodifiasi sesuai dengan kebutuhan perancang yang merujuk pada metode Seamolec Blender Genesha dimana proses perancangan dibagi menjadi 3 tahapan yaitu Pra produksi produksi dan pasca produksi. Pra produksi meliputi Latar belakang masalah Pengumpulan data Identifikasi data Analisa data Sintesis dan Konsep desain. Produksi meliputi pembuatan Konsep desain Diorama Animasi 3D dan Augmented Reality atau AR. Pasca Produksi meliputi proses pembuatan Media Pendukung. Data dalam perancangan ini berupa data primer yang didapat dari kegiatan observasi wawancara dan dokumentasi data sekunder yang di dapat dalam literatur buku dan internet. Hasil dari Skripsi ini menghasilkan media Diorama dan Animasi 3D dengan Teknologi Augmented Reality mengenai Pengenalan Rambu Lalu Lintas. Media tersebut juga mempunyai daya tarik sendiri karena dapat menampilkan simulasi rambu lalu lintas pada lingkungan diorama secara realtime dan anak berperan langsung sebagai pelaku utama dalam menjalankan media. Sehingga memberikan ketertarikan anak untuk mengenal rambu lalu lintas. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14388

Actions (login required)

View Item View Item