Perancangan buku cerita bergambar berbasis still life fotografi sebagai media pembelajaran Nilai Persatuan dan Kesatuan untuk anak sekolah dasar kelas rendah / Bayu Permadi W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku cerita bergambar berbasis still life fotografi sebagai media pembelajaran Nilai Persatuan dan Kesatuan untuk anak sekolah dasar kelas rendah / Bayu Permadi W.

Permadi W., Bayu (2015) Perancangan buku cerita bergambar berbasis still life fotografi sebagai media pembelajaran Nilai Persatuan dan Kesatuan untuk anak sekolah dasar kelas rendah / Bayu Permadi W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permadi W. Bayu.2015.Perancangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Still Life Fotografi Sebagai Media Pembelajaran Nilai Persatuan dan Kesatuan Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji (II) Moch. Abdul Rohman S.Sn M.Sn. Kata Kunci Perancangan Buku Cerita Bergambar Still Life Fotografi Media Pembelajaran Persatuan dan Kesatuan Anak SD. Maraknya kasus kekerasan anak oleh teman sebayanya atau sering disebut bullying menjadi keprihatinan bagi bangsa karena anak-anak merupakan generasi penerus yang seharusnya menjadi pribadi yang memiliki nilai persatuan dan kesatuan. Kurangnya peran orang tua dalam memberikan pembelajaran moral kepada anaknya juga dapat memberikan dampak buruk bagi pertumbuhan psikologi anak. Melalui buku cerita bergambar ini diharapkan dapat memberikan stimulus bagi para siswa sekolah dasar khususnya kelas 1-3 untuk lebih dapat menghargai sesama dan memiliki jiwa persatuan dan kesatuan. Perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural. Langkah-langkah pada model perancangan ini menjelaskan secara deskriptif dengan menggariskan langkah-langkah perancangan yang sistematis dan berurutan mulai dari merumuskan masalah menetukan tujuan menganalisis target pengguna pengumpulan data merumuskan konsep perancangan dan eksekusi desain. Data berasal dari berbagai sumber yang didapat melalui observasi wawancara dan mengunakan studi pustaka. Teknik visualisasi menggunakan Corel Draw X3 untuk membuat karaktaer dan Photoshop CS3 untuk editing fotonya. Hasil visualisai berupa cerita dengan karakter papper toy yang di eksekusi menjadi sebuah fotografi still life. Hasil perancangan adalah buku cerita bergambar full color 34 halaman tentang nilai persatuan dan kesatuan untuk anak SD kelas rendah sebagai media pembelajaran. Buku cerita bergambar memiliki dimensi landscape dan dijilid langsung laser. Cover menggambarkan persatuan dan kesatuan. Dari perancangan ini saran yang diberikan adalah perlu meningkatkan jenis kegiatan yang mengajarkan anak tentang moral serta memperbanyak media pembelajaran yang disukai anak-anak. Perancangan ini masih perlu adanya pengembangan tindak lanjut karena tanpa melalui proses uji coba dan validasi produk. Perancangan selanjutnya dapat dilakukan kajian untuk memberikan inovasi terhadap pengembangan karakter anak yang lebih inovatif dan kreatif sehingga kemampuan anak terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item