Makna tanda iklan televisi "Biskuat" versi "Semangat Ibu dan Anak" melalui pendekatan semiotika / Kharisma Amalia Tristiasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna tanda iklan televisi "Biskuat" versi "Semangat Ibu dan Anak" melalui pendekatan semiotika / Kharisma Amalia Tristiasari

Tristiasari, Kharisma Amalia (2015) Makna tanda iklan televisi "Biskuat" versi "Semangat Ibu dan Anak" melalui pendekatan semiotika / Kharisma Amalia Tristiasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Kharisma.2015. Makna Tanda Iklan Televisi Biskuat versi Semangat Ibu dan Anakmelalui Pendekatan Semiotika. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pujiyanto M.Sn (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn Kata Kunci Makna Tanda Iklan Televisi Biskuat versi Semangat Ibu dan Anak Pendekatan Semiotika Biskuat telah menciptakan sejarah di Indonesia dengan membuat film anak-anak oleh anak-anak dan untuk anak-anak. Sedangkan iklan yang disampaikan oleh Biskuat versi Semangat Ibu dan Anak menyampaikan pesan nasionalisme yang dibungkus oleh iklan yang disampaikan melalui peran ibu sebagai atlet lari nasional. Asmah Hanim merupakan atlet lari yang sengaja dihadirkan oleh Biskuat untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada audiens terhadap produknya. Rumusan masalah yang akan dibahas adalah bagaimana makna tanda iklan televisi Biskuat versi Semangat Ibu dan Anak melalui pendekatan semiotika . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif berdasarkan unsur-unsur sinematografi yang terdiri dari unsur utama dan unsur penunjang. Unsur utama terdiri dari visual gerak audio dan jalan cerita sedangkan unsur penunjang terdiri dari setting properti dan efek. Metode yang digunakan adalah metode semiotika interpretatif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis tanda dan teks. Objek yang dianalisis adalah iklan Biskuat versi Semangat Ibu dan Anak yang di uraikan dalam scene dan diambil dari beberapa scene yang dianggap dapat mewakili jalannya cerita. Setelah objek dipilih kemudian dijabarkan dengan semiotika Roland Barthes untuk mendapatkan makna denotasi dan konotasi. Hasil penelitian dari memaknai tanda dari iklan Biskuat versi Semangat Ibu dan Anak meliputi perumusan makna denotasi yaitu sebagai potret seorang pelari yang mendidik anaknya seorang diri. Sedangkan makna konotasi yang disampaikan adalah iklan televisi tersebut di kemas dengan menonjolkan aspek hiburan dari pada aspek komersial. Biskuat membuat sebuah pencitraan positif yang dapat mempengaruhi psikologis konsumen. Biskuat di konsumsi oleh anak sedangkan ibu berperan sebagai pendamping anak. Ibu diperankan oleh atlet lari nasional berperan sebagai acuan sedangkan audiens sebagai aspirasi yang tergugah untuk mengkonsumsi produk tersebut. Semuanya di lakukan untuk mendapatkan perhatian dan kesadaran audiens terhadap produk. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item View Item