Analisis bahasa visual pada poster kampanye Pilpres 2014 / Denik Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis bahasa visual pada poster kampanye Pilpres 2014 / Denik Setyawan

Setyawan, Denik (2015) Analisis bahasa visual pada poster kampanye Pilpres 2014 / Denik Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyawan Denik. 2015. Analisis Bahasa Visual Pada Poster Kampanye Pilpres 2014. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarwahyudi M.Sn (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn Kata Kunci Analisis Bahasa Visual Poster Kampanye Pilpres 2014. Penggunaan poster sebagai media kampanye dalam pilpres 2014 sangat menarik. Hal ini tidak lepas dari sebuah poster yang mempunyai unsur-unsur visual yang menarik adalah unsur-unsur desain yang melekat pada poster yang menjadikannya menjadi media yang menyampaikan informasi. Unsur-unsur visual tersebut terkandung dalam ilmu bahasa visual yang mempelajari unsur dan elemen grafis terhadap media informasi. Layak diangkat dalam penelitain karna keunikan poster yang memiliki nilai-nilai grafis yang terkandung didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil analisis poster pada kampanye presiden 2014 menggunakan teori bahasa visual. Objek yang diteliti adalah poster pilpres 2014 dengan calon nomer urut satu Prabowo-Hatta dan calon nomer urut dua Jokowi-JK penelitian menggunakan teori dari Bahasa Visual yang menjabarkan objek penelitian menggunakan unsur-unsur yang terkandung dalam bahasa visual menggunakan metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah deksriptifkualitatif. Dari hasil penelitian didapatkan beberapa datasimpulananalisis sebagai berikut (a) Deskripsi prinsip-prinsip poster yang digunakan pada poster pilpres 2014 (b) Deskripsi penggunaan elemen-elemen dan unsur unsur bahasa visual yang terdapat pada poster pilpres 2014 (c) Deskripsi dari keseluruhan tampilan visualisasi poster pilpres 2014 setelah di analisis dengan menggunakan peranan bahasa visual. Hasil penelitian dari poster kampanye pilpres menemukan identifikasi-identifikasi hubungan antara poster dengan unsur-unsur yang terkandung dalam bahasa visual yang menyunsun sebuah poster. Hasil analisi menunjukan penjelasan secara sederhada makna dalam tampilan poster kampanye pilpres 2014. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14375

Actions (login required)

View Item View Item