Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan kahoot terhadap minat dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran dasar desain grafis kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Trenggalek / Lisa Ayu Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan kahoot terhadap minat dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran dasar desain grafis kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Trenggalek / Lisa Ayu Rahmawati

Rahmawati, Lisa Ayu (2020) Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan kahoot terhadap minat dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran dasar desain grafis kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Trenggalek / Lisa Ayu Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada umumnya penggunaan suatu model pembelajaran akan berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Namun realitanya masih terdapat guru yang menggunakan model pembelajaran dengan teacher center salah satunya yaitu terjadi di SMK Negeri 1 Trenggalek kelas X Multimedia yang mengakibatkan minat dan hasil belajar mereka menurun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui deskripsi serta pengaruh minat dan hasil belajar peserta didik karena pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Kahoot dalam mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan PreExperimental Desaign dengan model One Group Pretest-Posttest Desaign. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Trenggalek yang berjumlah 35 peserta didik dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas uji reliabilitas uji tingkat kesukaran uji daya beda uji normalitas uji homogenitas dan uji t-test (Paired Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat (1) Peningkatan rata-rata nilai minat belajar peserta didik menjadi kategori baik (2) Peningkatan ratarata nilai hasil belajar peserta didik menjadi kategori sedang (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Kahoot terhadap minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran dasar desain grafis kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Trenggalek. (4) Pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran dasar desain grafis kelas X multimedia di SMK Negeri 1 Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143723

Actions (login required)

View Item View Item