Perbedaan kemampuan memecahkan masalah pemrogaman dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan problem posing pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Tony Maryanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kemampuan memecahkan masalah pemrogaman dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan problem posing pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Tony Maryanto

Maryanto, Tony (2020) Perbedaan kemampuan memecahkan masalah pemrogaman dasar karena penerapan model pembelajaran problem solving dibandingkan dengan problem posing pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang / Tony Maryanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan masalah ranah kognitif dan ranah psikomotorik siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing pada mata pelajaran pemrograman dasar di kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang. Model pembelajaran Problem Solving adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif melatih siswa untuk menghadapi berbagai masalah yang nantinya akan ditemui oleh siswa dan melatih siswa untuk mencari pemecahan masalah atau solusi dari pemasalahan itu.Model pembelajaran Problem Posing merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang mengharuskan siswa untuk mengajukan soal atau permasalahan. Selain mengajukan soal siswa juga diminta untuk menyelesaikan soal yang dibuat sehingga dalam menyelesaikan soal siswa akan berusaha untuk membuat perencanaan penyelesaian berupa tahap-tahap untuk menyelesaikan masalah pada mata pelajaran pemrograman dasar. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment design. Dimana populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 11 Malang sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan perbedaan terhadap kemampuan memecahkan masalah ranah kognitif pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Berdasarkan hasil nilai N-Gain Score pada kelas yang menggunakan Problem Solving mendapat nilai rata-rata sebesar 0 3644 sedangkan pada kelas yang menggunakan Problem Posing mendapat nilai rata-rata sebesar 0 3149. Sedangkan hasil kemampuan memecahkan masalah ranah psikomotorik juga terdapat perbedaan dimana kelas yang menggunakan Problem Solving mendapat nilai rata-rata sebesar 0 3616 dan pada kelas yang menggunakan Problem Posing mendapat nilai rata-rata sebesar 0 3086. Dari hasil kemampuan memecahkan masalah ranah kognitif dan psikomotorik dapat dikatakan bahwa model pembelajaran problem solving lebih unggul daripada model pembelajaran problem posing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143721

Actions (login required)

View Item View Item