Pengembangan nemu: visual programming environment menggunakan gamification untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah algoritma dan pemrograman mahasiswa teknik informatika Universitas Negeri Malang / Almas Amalia Azhar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan nemu: visual programming environment menggunakan gamification untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah algoritma dan pemrograman mahasiswa teknik informatika Universitas Negeri Malang / Almas Amalia Azhar

Azhar, Almas Amalia (2020) Pengembangan nemu: visual programming environment menggunakan gamification untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah algoritma dan pemrograman mahasiswa teknik informatika Universitas Negeri Malang / Almas Amalia Azhar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar termasuk salah satu hal yang bisa mempengaruhi proses pembelajaran. Pada mata kuliah algoritma dan pemrograman motivasi belajar dapat dipengaruhi dari permasalahan pada studi kasus yang diberikan oleh dosen pengampunya bagaimana cara peserta didik menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Perserta didik akan dihadapkan kepada dua pilihan yaitu akan berhenti dan mencari bantuan untuk menyelesaikan atau akan terus berusaha untuk memecahkan studi kasus yang didapatkan. Salah satu hal yang dapat meningkatkan motivasi belajar adalah mengimplementasikan konsep game dalam proses pembelajaran atau yang disebut dengan gamifikasi. Gamifikasi merupakan suatu proses yang menggunakan pemikiran maupun mekanika permainan guna mengikat user dan menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membuat media pembelajaran NEMU Visual Programming Environment dengan konsep gamification serta menguji kelayakan media pembelajaran dan motivasi belajar peserta didik ketika menggunakan media pembelajaran tersebut Media pembelajaran ini memuat materi algoritma dan pemrograman serta tools visual programming environtment untuk membantu peserta didik mengasah kemampuan logika pemrograman. Khususnya media pembelajaran ini menerapkan konsep gamifikasi yang akan menumbuhkan jiwa kompetitif peserta didik untuk menyelesaikan studi kasus yang diberikan sehingga akan meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Metode yang dibubuhkan adalah model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan proses yang mencangkup analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Pengukuran kelayakan media pembelajaran dilakukan dengan uji coba oleh ahli media dan ahli materi. Selepas dinyatakan valid oleh para ahli maka dilakukan uji coba langsung oleh kelompok kecil dan kelompok besar. Uji coba langsung dilakukan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah algoritma dan pemrograman pada prodi Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Berdasarkan uji validasi materi oleh ahli diperoleh persentase sebesar 98 80 % kemudian berdarkan uji validasi media oleh ahli diperoleh persentase sebesar 94 85 % Pada tahap uji coba kelompok kecil persentase responden sebesar 90 17 % kemudian pada tahap uji coba kelompok besar persentase responden sebesar 92 04 %. Sedangkan untuk motivasi belajar pada uji coba kelompok kecil persentase responden sebesar 86 29 % termasuk kategori motivasi kuat dan motivasi belajar pada uji coba kelompok besar persentase responden sebesar 90 6 % termasuk kategori motivasi kuat. Berdasarkan kriteria validitas maka media pembelajaran NEMU Visual Programming Competition menggunakan gamification untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman dikategorikan sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143720

Actions (login required)

View Item View Item