Pengembangan media pembelajaran berbasis web dengan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak di SMK / Dian Monica - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis web dengan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak di SMK / Dian Monica

Monica, Dian (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis web dengan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak di SMK / Dian Monica. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan pada kelas XI RPL di SMKN 12 Malang dimana ketika mata pelajaran pemodelan perangkat lunak berlangsung proses pembelajaran berlangsung dengan guru menjelaskan materi dan siswa menyimak penjelasan guru. Media yang digunakan oleh guru dan siswa adalah buku paket dan powerpoint yang mana dapat dilihat di dalam kelas siswa kurang aktif dalam pembelajaran serta banyak dari mereka yang merasa bosan dan mengantuk. Hal tersebut tentu menyebabkan pembelajaran menjadi kurang maksimal. Kondisi kelas yang demikian tentu menyebabkan siswa menjadi kurang dapat memahami materi yang disampaikan sehingga siswa menjadi kesulitan dalam mengerjakan tugas terlebih media yang digunakan tidak dapat diakses siswa di luar sekolah. Hal tersebut selaras dengan hasil angket yang diberikan pada siswa kelas XI RPL di SMKN 2 Singosari dengan hasil serupa. Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada kedua sekolah tersebut adalah discovery learning dimana model tersebut kurang cocok untuk digunakan pada mata pelajaran tersebut. Hal tersebut dikarena terdapat materi-materi yang mengharuskan siswa untuk melakukan praktikum. Penerapan media dan model pembelajaran tersebut membuat siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran dan motivasi siswa menjadi menurun. Selain itu peneliti menemukan apabila siswa lebih sering mengakses web untuk menemukan materi yang belum mereka pahami untuk dapat mengerjakan tugas rumah mereka sehingga hal tersebut menjadi latar belakang peneliti dalam melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis web dengan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak di SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang mengembangkan menguji kelayakan serta mengetahui tingkat motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yang meliputi (1) Analyst (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Uji Kelayakan dilakukan pada siswa kelas XI kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak yang sedang menempuh mata pelajaran pemodelan perangkat lunak di SMKN 2 Singosari. Berdasarkan hasil validasi ahli media dan validasi ahli materi serta uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas XI RPL 1 di SMKN 2 Singosari. Diperoleh hasil validasi dari ahli media sebesar 93 61% dan validasi dari ahli materi sebesar 95 83%. Berdasarkan data hasil validasi media dinyatakan sangat valid. Setelah itu pada uji coba produk dilakukan uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 8 orang dengan hasil sebesar 91 02% dengan motivasi sebesar 86 56% dan uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh 30 siswa dengan hasil sebesar 93 56% dengan motivasi sebesar 86 13%. Berdasarkan hasil uji kelayakan maka media dikatakan sangat layak dan motivasi siswa meningkat setelah menggunakan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143717

Actions (login required)

View Item View Item